Toilet Kejaksaan Canggih, Toilet Dispora Rusak

Toilet Kejaksaan Canggih, Toilet Dispora Rusak

Radartasik.com, KOTA BANJAR — Toilet khusus wanita di Kejaksaan Negeri Banjar sangat bersih. Untuk membuka pintunya pun menggunakan pemindai sidik jari. Sehingga tidak sembarang orang bisa menggunakan toilet khsusus kaum hawa tersebut.

”Finger print dipasang untuk mendisiplinkan pegawai sehingga toilet wanita hanya bisa digunakan oleh wanita. Karena wanita harus memiliki privasi khusus,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Banjar Ade Hermawan belum lama ini.

Kondisi ini sangat jauh berbeda dengan toilet di kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar. Bangunannya rusak. Airnya pun jarang mengalir.

”Apalagi yang di kantor yang ada aulanya, di Bidang Olahraga, itu rusak. Harus diperbaiki dan direnovasi ulang karena ukurannya terlalu sempit,” kata Sekretaris Dispora Kota Banjar Adeng Hendrawan, Minggu (17/10/2021).

Dengan ukuran badan yang tinggi besar, kata dia, toilet sulit digunakan. Lantaran toilet yang seharusnya dibuat satu ruangan malah dibuat menjadi dua ruangan. 

”Saya sendiri sulit untuk menggunakan toilet itu karena rata-rata ruangannya sempit,” kata pria yang berperawakan tinggi gede tersebut.

Salah satu pengunjung Kantor Dispora, Rudianto mengeluhkan toilet di kantor tersebut. Airnya tidak mengalir. Ruangannya sempit dan rusak.

”Mau salat, pas mau ambil air wudlu, air dari kerannya kering. Jadi terpaksa wudlu ya di depan kantor yang ada keran air PDAM-nya,” kata Rudi.

Maya, salah satu pegawai Dispora Maya, juga mengeluhkan hal yang sama. Sebagai wanita, dia berharap ada privasi dan kenyamanan saat menggunakan toilet. 

”Yang lantai bawah air tidak mengalir, yang dua lagi sama sekali tidak berfungsi,” kata dia. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: