Ada-ada Saja, Dua Kapolsek Ini Jadi Korban Penipuan Investasi BBM dengan Pola Money Game

Ada-ada Saja, Dua Kapolsek Ini Jadi Korban Penipuan Investasi BBM dengan Pola Money Game

Radartasik.com, INDRAMAYU — Dua kepala polisi sektor (kapolsek) di Kabupaten Indramayu jadi korban penipuan. Mereka secara tidak sadar masuk dalam investasi bodong bisnis distribusi BBM.

Dua kapolsek yang kena tipu itu adalah Iptu Hendro Ruhanda, Kapolsek Teris dan Kompol Alka Nurani, mantan Kapolsek Jatibarang. Saat ini Kompol Alka Nurani menjabat Pamen Polres Kuningan.
Diungkapkan Kapolsek Terisi, Iptu Hendro Ruhanda, kasus ini terungkap setelah anggotanya menerima laporan dari Kompol Alka yang tertipu lebih dulu sebesar Rp135 juta. Adapun pelaku penipuan seorang pria berinisial A.  

Kepada korban, pelaku mengiming-iming untuk berinvestasi distribusi BBM. A mengklaim dirinya adalah distributor resmi Inkoppol (Induk Koperasi Kepolisian Negera Republik Indonesia).

Dalam menjalankan aksinya A meminjam bendera atas nama PT Niaga Umum. Kemudian membangun workshop distributor di Blok Janggleng, Desa  Jatimunggul, Kecamatan Terisi.

Untuk semakin meyakinkan korbannya, seluruh bagian alat, bangunan dan drum/tangki BBM dilabeli Inkoppol. Namun belakangan terungkap bahwa kerjasama A dengan Inkoppol telah diputus.

Dalam perjanjian dengan korbannya, A menyatakan bahwa setiap penanam modal akan diberikan keuntungan sebesar Rp100 per liter.

Pelaku Hanya Memutar Uang dari Investor

Tapi, janji tinggal janji. A secara licik mempraktekan money game. Dia hanya memutar uang dari investor baru untuk dibayarkan kepada pemodal lama. Begitu seterusnya.

Penipuan investasi ini, tidak hanya menjerat dua kapolsek di Indramayu. A yang merupakan warga Desa Singaraja, Kecamatan Indramayu itu juga berhasil menipu investor lainnya.

Bahkan, A setidaknya telah mengumpulkan uang kurang lebih Rp3 miliar. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, A ditahan dan dalam pemeriksaan petugas.

Hendro mengungkapkan, saat ini A telah ditangkap di rumahnya di Desa Singaraja. Guna menyelidiki lebih jauh aksi A tersebut Polsek Terisi terus melakukan pemeriksaaan terhadap yang bersangkutan.  (dun/rc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: