Dosen Unsil Beri Edukasi Pentingnya Vaksinasi

Dosen Unsil Beri Edukasi Pentingnya Vaksinasi

radartasik.com, TASIK - Dosen Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melaksanakan Pengabdian bagi Masyarakat Skema Kesehatan (PbM-SK) 2021 dengan melakukan edukasi pencegahan dan penanganan Covid-19 kepada warga Desa Linggasirna Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (15/10/2021). Dengan begitu, masyarakat mendapatkan pemahaman pentingnya vaksinasi dan pencegahan Covid-19.


Tim Dosen Pelaksana Pengabdian PbM-SK yaitu Gugum Gumilar MPd, Aa Gde Somatanaya MPd, Depi Ardian Nugraha MPd dan Agi Ahmad Ginanjar MPd.

Ketua Tim Dosen Pelaksana Pengabdian PbM- SK Gugum Gumilar MPd mengatakan, masih ada segelintir masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan (prokes), untuk itu dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, tim dosen Unsil mendorong peningkatan pengetahuan protkol kesehatan warga.

”Tujuan dari program pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat dan memberikan informasi yang benar mengenai cara pencegahan dan penanganan Covid-19,” katanya kepada Radar, Jumat (15/10/2021).

Oleh karenanya, ia pun memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menjalankan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diprogramkan oleh pemerintah seperti mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, menjaga jarak dan mengonsumsi makanan bergizi.

“Dengan begitu dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan pengabdian ini membantu merealisasikan program pemerintah dalam menyosialisasikan informasi yang benar tentang cara pencegahan dan penanganan Covid-19. Bentuknya melalui media cetak atau elektronik, baik media brosur maupun media sosial.

“Informasinya memuat tentang gejala Covid-19 seperti flu yang berkepanjangan, demam, tenggorokan sakit atau radang yang hebat, lemah-letih, hilangnya indra perasa atau penciuman dan sebagainya. Pencegahannya yakni menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Di samping itu, dalam membantu pemerintah merealisasikan percepatan program vaksinasi massal, pihaknya memberikan informasi dan pengetahuan yang benar kepada masyarakat Desa Linggasirna Kecamatan Sariwangi tentang program vaksinasi sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Manfaatnya mewujudkan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, untuk metode kegiatan pengabdian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA), observasi, pendekatan Focus Group Discussion (FGD), penyuluhan, pendampingan/monitoring, pemberian tindak lanjut dan evaluasi program.

“Kemudian memberikan hand sanitizer, cairan disinfektan ruangan dan tiga alat semprotan, face shield dan masker,” katanya.

Kepala UPTD Puskesmas Sariwangi H Dugani SKep mengapresiasi kegiatan pengabdian yang digelar dosen Unsil ini.

Dengan begitu kesadaran masyarakat Linggasirna Kecamatan Sariwangi untuk melakukan vaksinasi meningkat. “Kegiatan ini bagus sekali, menambah motivasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Senada, Kepala Desa Linggasirna Cecep Sudrajat menyampaikan, ada 30 kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Posyandu mengikuti program pengabdian dari dosen Unsil. Dengan begitu, mereka paham tentang pencegahan dan membantu informasi pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Ketika ibu-ibu kader sudah dibekali wawasan manfaat dari vaksinasi, diharapkan bisa menyosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat,” katanya.

Kader PKK dan posyandu ini mampu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

Utamanya masyarakat Desa Linggasirna sebanyak 1.530 KK bisa mau vaksinasi semua.

“Warga kita sudah tervaksin sekitar 1.200 KK. Harapannya ketika ada edukasi ini kita bisa mencapai herd immunity,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: