PGRI Minta Tetap Ada Seleksi PNS Guru Selain PPPK

PGRI Minta Tetap Ada Seleksi PNS Guru Selain PPPK

Radartasik.com, JAKARTA -  Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi meminta pemerintah untuk tetap membuka seleksi pegawai negeri sipil (PNS) untuk para guru. Permintannya tersebut disampaikan terkait isu ditiadakannya seleksi skema PNS/ASN pada 2022 nanti.

Unifah memandang seharusnya pemerintah tidak hanya menyelesaikan permasalahan kekurangan guru yang terjadi saat ini melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saja. Tetapi  juga harus mengangkat guru menjadi seorang PNS/ASN.

“Tetap lah harus ada ASN (PNS,red) untuk guru, jangan diselesaikan semua dengan PPPK,” terang dia kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Sementara itu, terkait dengan seleksi tahap 2 PPPK guru, Unifah meminta agar afirmasi tidak hanya melihat dari segi usia saja tetapi juga dari lama bekerja atau mengabdi harus ikut diperhatikan. 

“Ada yang 35 tahun, tapi baru satu tahun di data dapodik, itu tidak bisa disamakan dengan mereka yang umur 34 tahun tapi sudah mengabdi 10 tahun,” ujarnya.

Untuk itu diharapkan pada seleksi tahap II, pertimbangan memasukkan afirmasi usia dan lama bekerja harus ada. Keadilan, dedikasi dan komitmen harus diutamakan karena para honorer lah yang akan mengisi kekurangan guru.
“Mereka yang diterima itu harus dibina dan dikembangkan kemampuannya, jangan lepas dan apa-apa menyalahkan guru, toh nggak dibina,” pungkas dia. (jpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: