330 Guru di Kota Tasik Lulus PPPK

330 Guru di Kota Tasik Lulus PPPK

radartasik.com, TASIK - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengumumkan hasil ujian seleksi pertama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk guru honorer lewat Zoom, Jumat (8/10/2021).


Hasilnya sebanyak 173.329 ribu guru honorer dinyatakan lulus seleksi tahap pertama PPPK 2021 dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Untuk Kota Tasikmalaya, berdasarkan hasil rekap Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dari 756 guru yang mengikuti tes seleksi, yang lulus sekitar 330 orang, sedangkan yang tidak lulus 426 orang.

“Setelah kita rekap hasil pengumuman PPPK 2021 tahap pertama Kota Tasikmalaya, hampir menyentuh 50 persen yang lulus,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Mohammad Dani SPd MM kepada Radar, Rabu (13/10/2021).

Dengan begitu, ketika guru honorer menjadi status PPPK, berharap memberikan peningkatan kesejahteraan. “Ini upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, lebih semangat lagi,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya telah mengA­ajukan 1.086 guru honorer untuk mengA­ikuti seleksi PPPK 2021, sesuai dengan data pokok pendidikan. Namun pemerintah pusat memberikan kuotanya sebanyak 1.035 formasi di Kota Tasikmalaya.

“Bagi yang belum lulus jangan putus asa, masih ada tahap kedua dan ketiga. Terlebih, sekarang pemeA­rintah memberikan poin tamA­bahan kepada guru honorer yang memiliki pengabdian lama sehingga peluang diangkat PPPK terbuka lebar,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan, Data, Informasi dan Formasi BKPSDM Kota Tasikmalaya Dimas Iskandar menjelaskan, hasil yang direkap dari Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mudah-mudahan mendekati benar. Untuk hasil jumlah pastinya masih menunggu tembusan dari Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi.

“Mengenai data itu kita belum mengetahui secara pasti validitasnya 100 persen. Tapi mudah-mudahan rekapan dari dinas mendekati benar,” ujarnya.

Selain itu, informasi yang ia terima saat pengarahan dari Plt Kepala Badan Kepegawaian (BKN) Bima Haria Wubisana, bagi yang lulus seleksi pertama tidak menunggu hasil dari seleksi kedua atau ketiga. Tetapi bagi yang dinyatakan lolos bisa langsung pemberkasan.

“Pada saat mengikuti arahan katanya langsung pemberkasan. Tetapi mekanisme dan teknisnya kita belum mengetahuinya,” katanya.

Oleh karenanya, untuk tindaklanjutnya BKPSDM Kota Tasikmalaya masih menunggu arahan dari BKN atau Panitia Seleksi Nasional.

“Pemerintah daerah masih menunggu penjelasan BKN atau Panitia Seleksi Nasional seperti apa teknis lebih lanjut untuk PPPK guru yang dinyatakan lolos kemarin,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: