Kolaborasi BRI dan Fintech Hadirkan Layanan Pembayaran yang Mudah dan Aman

Kolaborasi BRI dan Fintech Hadirkan Layanan Pembayaran yang Mudah dan Aman

Radartasik.com, JAKARTA — Saat ini kehadiran ekosistem digital hampir selalu berdampingan dengan kehidupan keseharian masyarakat. Dan Indonesia menjadi salah satu “rumah” yang ekosistem digitalnya cukup berpengaruh di Asia Tenggara, bahkan telah melahirkan berbagai fintech unicorn yang mendorong sistem pembayaran secara digital semakin tumbuh pesat. 

Hal tersebut setidaknya terangkum dari sejumlah pembicara yang hadir dalam Webinar Conquering Indonesia: Asean's Fintech Crown Jewel yang digelar secara virtual pada hari Rabu (06/10/2021) lalu. 

Acara yang merupakan hasil kolaborasi antara BRI dan Fintech News Singapore itu menghadirkan berbagai professional speaker yang memiliki andil besar dalam perkembangan Fintech di Indonesia, seperti: Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani,  Co-Founder & COO di Modalku Iwan Kurniawan, Co-Founder & CEO Finantier Diego Rojas, dan CEO OVO Jaygan Fu Ponnudurai.

“Merupakan sebuah pengalaman dan kesempatan yang sangat luar biasa untuk sebuah perbankan dan fintech berkolaborasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Sudah waktunya  semua bersinergi, bukan sendiri-sendiri,” ujar Handayani. 

Handayani pun menambahkan dalam perkembangan saat ini sebuah fintech mau tidak mau dituntut bekerjasama dengan perbankan untuk menciptakan financial inclusion yang baik untuk costumer-nya.

Dangka terciptanya financial inclusion tersebut BRI pun mencoba menghadirkan berbagai fitur produk perbankan yang dapat mempermudah masyarakat untuk menggunakan berbagai layanan keuangan fintech. Salah satu lewat BRImo, yang merupakan Super-Apps mobile banking BRI yang dilengkapi dengan fitur dompet digital yang user-friendly dan praktis untuk pengisian wallet LinkAja, OVO, Gopay, ShopeePay, dsb.

Selain itu berbagai produk pembayaran BRI juga dihadirkan guna mendukung digital ekosistem fintech tersebut, seperti fitur BRI Direct Debit, Online Acquiring, Debit online, e-Pay, API top up BRIZZI, BRI Virtual Account (BRIVA). 

Berbagai macam pilihan metode pembayaran yang dihadirkan oleh BRI itu semata-mata bertujuan untuk memberikan layanan pembayaran yang mudah dan aman bagi para pelaku maupun pengguna fintech. 

Tak hanya itu hasil sinergi positif BRI bersama fintech dalam menciptakan digital ekosistem ini juga memberikan catatan positif bagi BRI, diantaranya adanya kenaikan Year on Year sales volume top up BRIZZI 889% dan online acquiring sebesar 122%.

“BRI siap mendukung penuh untuk terus menghadirkan berbagai kolaborasi lainnya bersama fintech yang dapat memajukan perekonomian Indonesia melalui berbagai fitur digital payment perbankan yang canggih dan sesuai dengan perkembangan zaman,” kata Handayani.

Sementara itu, CEO OVO, Jaygan Fu Ponnudurai berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan BRI kedepan bisa terus dikembangkan. “Seperti kemudahan mendaftarkan asuransi hanya melalui genggaman diharapkan dapat segera terwujud dengan adanya dukungan dari fintech dan perbankan,” timpal Jaygan.  (rls/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: