H Nasihin Jadi Ketua Baznas

H Nasihin Jadi Ketua Baznas

radartasik.com, BUNGURSARI — Proses panjang peA­nentuan pimpinan Badan Amil ZaA­kat (Baznas) Kota Tasikmalaya seA­gera tuntas. Eks Kabag Kesra Kota TaA­sikmalaya H Nasihin akan segera diA­lanA­tik menjadi ketua Baznas yang baru.


Sebagaimana diketahui, proses seleksi calon pimpinan Baznas sudah di mulai sejak November 2020.

Setelah melalui proses seleksi, kandidat semakin mengerucut menjadi 10 orang dan yang kembali diseleksi panitia Baznas RI.

Juli 2021, lima orang sudah dipilih sebagai calon pimpinan yakni H Nasihin, KH Aminudin Bustomi MAg, Dr H Ahmad Zaki Mubarok MSi MPd, H Irvan Hilmi LC MAg dan Mohammad Hamim SAg MM.

Proses penentuan ini sempat memunculkan dugaan-dugaan kepentingan politik, namun pada akhirnya dimentahkan oleh panitia penyelenggara.

Dari informasi yang dihimpun Radar, Pemkot Tasikmalaya sudah memfasilitas rapat kelima calon pimpinan Baznas. Pertemuan itu juga dihadiri Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf, Sekda Drs H Ivan Dicksan, Asda 1 (saat itu) H Abu Mansyur dan didampingi pejabat Pemkot lainnya. Hasil rapat capim tersebut, disepakati bahwa H Nasihin akan menjabat sebagai ketua Baznas Kota Tasikmalaya yang baru.

Saat dikonfirmasi, Asda 1 Kota Tasikmalaya, H Undang Hendiana mengaku belum mengetahui persoalan calon pimpinan Baznas. Pasalnya, dia baru sehari menduduki jabatan tersebut. “Belum dapat informasi dari pejabat sebelumnya,” ungkapnya.

Terpisah, H Abu Mansyur yang sebelumnya menjabat Asda 1 mengakui bahwa pada Senin siang (12/10/2021), pihaknya memfasilitasi pertemuan capim Baznas di bale kota. Pasalnya kepengurusan lembaga pengelola zakat itu diharapkan segara terbentuk. “Karena sudah lama kan dipegang oleh Plt (Pelaksana Tugas),” ucapnya.

Disepakati, kata dia, H Nasihin sebagai ketua yang baru, Hal ini, murni hasil pembicaraan para capim. Dia menekankan tidak ada intervensi apapun dari Pemkot Tasikmalaya. “Kita hanya memfasilitasi, kesepakatannya ada di para calon pimpinan,” ucapnya.

Rencananya, kepengurusan Baznas Kota Tasikmalaya akan dibentuk dalam waktu dekat ini. Sehingga para pengurus bisa mulai melakukan tugasnya dalam pengelolaan zakat. “Rencananya dilantik hari Jumat (15/10/2021),” tandasnya. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: