Ditinggal ke Hajatan, Pemilik Diduga Lupa Mematikan Api Tungku, Rumah Terbakar

Ditinggal ke Hajatan, Pemilik Diduga Lupa Mematikan Api Tungku, Rumah Terbakar

radartasik.com, CIAMIS - Rumah panggung milik Tusiman (40), warga Dusun Sarimukti RT/RW 14/08 Desa Sindangangin Kecamatan Lakbok terbakar, Minggu (10/10/2021) sore. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi. Karena pada saat kejadian, pemilik rumah yang juga penyadap nira sedang keluar rumah.


Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Mumu Wahyudin mengatakan, informasi yang dihimpun dari saksi atau tetangga korban, bahwa pemilik rumah menyalakan tungku api sekitar pukul 10.00 untuk memasak air nira. Kemudian, korban keluar rumah dan kemungkinan lupa mematikan tungku.

“Korban keluar rumah bersama keluarganya untuk menghadiri undangan pernikahan saudaranya di Jawa Tengah dengan kondisi tungku menyala. Kemungkinan korban lupa mematikan tungku, sehingga merembet ke barang yang mudah terbakar, termasuk ke rumahnya,” kata dia kepada Radar, Senin (11/10/2021).

Menurut dia, atas kejadian ini semua harta benda korban yang ada dalam rumah habis terbakar. “Pemilik rumah baru mengetahui rumahnya terbakar setelah pulang dari pesta pernikahan,” ujarnya, menjelaskan.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Ciamis Wawan menambahkan, setelah mendapatkan laporan langsung menurunkan armada ke lokasi. Namun, saat sampai di lokasi rumah sudah hangus seluruhnya dan tidak ada yang bisa diselamatkan.

“Walaupun kondisi rumah terbakar habis, kami melakukan pendinginan tempat kebakaran agar tidak merembet ke rumah lainnya. Kalau penyebabnya diduga dari tungku api yang menyala,” ujarnya, menjelaskan.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya tidak bosan untuk mengimbau kepada pemilik rumah untuk lebih berhati-hati. Karena banyak kejadian kebakaran yang disebabkan oleh kompor dan tungku yang belum dimatikan serta korsleting listrik. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: