Tempat Wisata Harus Mengutamakan Keamanan

Tempat Wisata Harus Mengutamakan Keamanan

radartasik.com, CIAMIS — Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mengimbau para wisatawan untuk selalu waspada ketika berlibur ke objek wisata alam di tengah cuaca yang tidak menentu seperti ini. Maka dari itu, baik pengelola dan wisatawan harus selalu berhati-hati untuk menjaga keamanan, kebersihan dan kesehatan.


Kepala Dinas Pariwisata H Wasdi Ijudin menagtakan, harus diakui bahwa wisata alam ini penuh dengan risiko. Sehingga pengelola wisata, desa, swasta di manapun termasuk wisatawannya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Kita berpedoman menggunakan  cleanliness health safety and environment (CHSE) jadi wisata yang bersih, sehat, aman dan lestari,” ujarnya kepada Radar, Minggu (10/10/2021).

Kata Wasdi, indikator CHSE  untuk wisata itu ada 86 indikator. Intinya bangunlah destinasi wisata yang bersih, jangan sampai buang sampah sembarangan, kemudian pengelolanya menyediakan tempat sampah.

“Memang menciptakan objek wisata yang bersih tidak lewat pengelola tapi dengan pengunjung. Sehebat apapun pengelola dalam menyediakan tempat  sampah, kalau pengunjungnya tidak disiplin buang sampah tetap sembarangan dan tidak akan sehat juga,” paparnya.

Kemudian, lanjut dia, wisata itu harus sehat yaitu standar protokol kesehatan (prokes).

Kemudian, untuk keamanan para wisatawan diimbau juga mengukur kemampuan diri. Misalnya, ketika berwisata ke curug atau pantai dan tidak bisa berenang jangan memaksakan, karena bisa membahayakan. “Intinya kita (wisatawan) harus mawasdiri penting dan mengukur kemampuan saat ke tempat wisata alam,” jelasnya.

Wakil Ketua Umum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Ciamis  Sandri Zulfikar mengatakan, wisata di Ciamis lagi ikut dari Kementrian Pariwisata terkait CHSE. Tentunya ingin wisata maksimal dalam segi kebersihan, kesehatan serta keamanan, terutama objek wisata alam.

“Kami berupaya maksimal ikut aturan pemerintah sekaligus mengedukasi para wisatawan. Sehingga taat aturan saat mereka berwisata untuk menjaga kebersihan. Semoga Camis semua wisata dapat predikat terbaik dari Kementrian Pariwisata,” kata dia. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: