GP Ansor Siap Berperan Pulihkan Ekonomi

GP Ansor Siap Berperan Pulihkan Ekonomi

radartasik.com, TASIK — Pemulihan ekonomi baik secara nasional maupun daerah saat ini mulai berjalan. GP Ansor Kota Tasikmalaya siapkan strategi untuk ikut andil dalam memulihkan ekonomi masyarakat.


Strategi pemulihan ekonomi ini menjadi pembahasan utama dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) GP Ansor Kota Tasikmalaya di Hotel Horison, Kota Tasikmalaya, Jumat (8/10/2021). Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tasikmalaya H Muhamad Yusuf.

Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya, H Ricky Assegaf menyebutkan bahwa saat ini tugas pemerintah dalam pemulihan ekonomi sedang berjalan. Namun ada hal yang dinilai masih kurang karena keterbatasan yang dimiliki pemerintah. ”Masih butuh motivasi, edukasi dan difasilitasi secara langsung untuk kembali mempercepat perputaran ekonomi,” ungkapnya.

Maka dari itu, GP Ansor akan ikut andil dalam membantu masyarakat dalam hal pemulihan ekonomi. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi para pelaku usaha secara merata sampai ke pelosok. ”Kita berencana memfasilitasi pelaku usaha untuk mendistribusikan produk mereka agar lebih mudah,” tuturnya.

Hal itu berkaitan dengan adanya kemitraan GP Ansor dengan PT Pos. Sehingga kader GP Ansor akan turun langsung menjadi agen pos dengan aplikasi Sobat Bayar. “Karena kita sudah ada kerja sama dengan PT Pos, ini secara nasional,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan salah satu bank untuk membantu peminjaman modal. Karena pengembangan usaha juga membutuhkan dukungan modal finansial juga. “Khususnya pemodalan untuk kader yang punya usaha,” ucapnya.

Tidak kalah penting, pihaknya juga akan bergerak memberikan motivasi, edukasi dan pembinaan kepada pelaku usaha. Khususnya para pelaku usaha kecil untuk bisa berkembang di tengah pandemi. ”Khususnya dalam memanfaatkan marketplace agar pemasaran bisa lebih meluas,” ucapnya.

Diakuinya bahwa sebagai warga Nahdliyin yang tebilang mayoritas, banyaknya kader Ansor tidak sudah tidak perlu diragukan. Namun dia merasa itu belum cukup untuk memaksimalkan peran di masyarakat. “Supaya bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat,” terangnya.

H Ricky ingin punya kader yang punya kompetensi di banyak bidang. Caranya yakni dengan membentuk kader-kader untuk punya keahlian di berbagai sektor profesi. “Contoh kita sekarang belum punya kader di dunia kedokteran, ya kita akan bantu sekolahkan di kedokteran,” ucapnya.

Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mengatakan mengapresiasi GP Ansor yang ingin berperan dalam pemulihan ekonomi. Dia pun bersyukur seiring wabah yang kian mereda, ekonomi pun beranjak pulih. “Perhotelan mulai kembali bergeliat, dan sektor ekonomi lainnya,” ucapnya.

Saat ini, Pemkot terus melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan berbagai upaya. Di antaranya melakukan relaksasi di berbagai sektor usaha dan juga bantuan tunai kepada masyarakat yang terdampak pandemi. ”Termasuk kita bantu para peternak ayam petelur, di mana ASN harus membeli telur lokal,” jelasnya.

Terlepas dari itu, dia meminta semua masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, khususnya di luar ruangan. Supaya pembatasan tidak harus diperketat dan ekonomi semakin cepat pulih. “Ya kita harapkan ekonomi kita bisa kembali pulih,” pungkasnya. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: