Akhir Pekan, Kebutuhan Pokok Naik

Akhir Pekan, Kebutuhan Pokok Naik

radartasik.com, PANGANDARAN — Sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Pangandaran mengalami kenaikan. Hal berdasarkan data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran.


Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan barang kebutuhan yang mengalami kenaikan signifikan yakni cabai keriting. “Kenaikanya sampai 100 persen, dari Rp 20 ribu menjadi Rp 40 ribu,” terangnya Jumat (8/10/2021).

Sementara kenaikan barang kebutuhan lain hanya beberapa persen. “Gula pasir curah hanya naik 7,6 persen dari Rp 13 ribu menjadi Rp 14 ribu,” ucapnya.

Kemudian harga cabai merah di Pasar Pananjung naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu atau naik 12 persen, cabai keriting naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu. “Cabai rawit juga naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 22 ribu,” tuturnya.

Selanjutnya di Pasar Parigi komoditi cabai merah naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu, cabai keriting naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. “Cabai rawit naik Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu, bawang merah naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu dan telur ayam naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 21 ribu,” jelasnya.

Tedi mengatakan kurang lancarnya transportasi atau pasokan menjadi persoalan klasik. “Karena sebagian besar barang memang dipasok dari luar,” katanya.

Ia mengatakan barang-barang tersebut memang kerap mengalami fluktuasi. Biasanya kenaikan harga ada yang bertahan beberapa hari, ada juga yang sampai berminggu-minggu. “Ada juga yang berbulan-bulan,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: