Dewan Kota Banjar Sidak ke Diskominfo dan Dispora, Ada Apa?

Dewan Kota Banjar Sidak ke Diskominfo dan Dispora, Ada Apa?

radartasik.com - BANJAR - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke perkantoran Diskominfo dan Dispora Kota Banjar, Jumat (08/10/21).


Dalam sidak tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar, Gun Gun Gunawan SUd beserta anggota didampingi Kadis meninjau bangunan perkantoran yang alami retak-retak. 

Hal itu ditenggarai dampak adanya garis kejut yang ada di bahu jalan Siliwangi, merupakan jalur nasional menuju Jawa Tengah. 

"Kita mengecek kondisi bangunan dan melihat ada beberapa sudut yang terjadi retakan," kata dia kepada wartawan di lokasi perkantoran.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mendapati adanya satu kebocoran yang belum diketahui penyebabnya. Di dalam bangunan perkantoran tersebut. 

Dia mengaku merasakan adanya getaran ketika kendaraan dengan bertonase berat melintas di depan perkantoran.

"Getaran kendaraan yang lewat sangat dirasakan, dan kemungkinan hal itu yang menyebabkan adanya keretakan dibangun perkantoran," ucapnya. 

Terang dia, untuk meminimalisir terjadinya getaran ke bangunan ada solusi yang bisa dilakukan yakni dengan membangun parit, yang berisi pasir di sekitar perkantoran, untuk meredam getaran. 

Terlebih jarak bangunan dengan jalan raya tidak terlalu jauh, ada sekitar belasan meter. 

Sedangkan kondisi bangunan yang dibangun tahun 2018 ini strukturnya masih bagus. 

"Dari struktur bangunan kita lihat masih bagus. Tidak ada retakan yang serius maupun ada pergeseran. Kalau ada pergeseran pun kemungkinan keramik sampai retak-retak, ini kan tidak ada," jelasnya.

Kadiskominfo Kota Banjar, Wawan Gunawan mengatakan, timbulnya retakan di bangunan perkantoran sejak adanya garis kejut sekitar 3 sampai 4 bulan yang lalu. 

"Getarannya sangat terasa sekali saat kendaraan besar melintas di depan kantor. Terlebih di lantai 2 kantor," tuturnya.

Dirinya pun mengaku berterimakasih atas kunjungan kerja Komisi III DPRD ke perkantoran Diskominfo dan Dispora mengecek langsung kondisi bangunan seperti apa. 

Adanya solusi yang direkomendasikan dari Komisi III, perlu ditindak lanjuti. 

Dengan harapan bisa menjadi sebuah solusi agar bisa meredam getaran ketika kendaraan melintas di depan kantor.

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: