Jangan Baca Al Quran Jika Kamu Tidak Punya ini !

Jangan Baca Al Quran Jika Kamu Tidak Punya ini !

radartasik.com, TASIKMALAYA — Orang muslim beriman kepada kesucian Firman Allah SWT. Kesucian dan kemuliaannya makin bertambah dengan hadits-hadits Rosulullah SAW tentang keutamaan Al Quran.


Dikutip dari Kitab Ensiklopedi Muslim karya Abu Bakar Jabir Al-Jazairi, yang merupakan terjemah Kitab Minhajul Muslim, Bab 2, tentang Etika, pasal ketiga : Etika terhadap Al Quran, Rosullullah SAW bersabda: “Bacalah Kalian Al Quran, karena pada hari kiamat Al Quran dating menjadi pemberi Syafa'at bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

Dalam Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori juga dikatakan, “Bahwa orang terbaik dari kalian ialah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.” Dari beberapa hadist tersebut, jelas banyak sekali keutamaan orang yang membaca dan mempelajari Al Quran.

Oleh sebab itu, selain konsisten dengan adab dan akhlak Al Quran, juga konsisten dalam membacanya dengan etika-etika berikut ini:

- Membaca dalam kondisi yang paling sempurna, paling baik , dalam keadaan bersih, menghadap kiblat dan duduk dengan santun, bagi perempuan menutup auratnya.

- Membaca Al Quran dengan tartil, tidak tergesa-gesa.

- Baca Al Quran dengan khusyu'.

- Memperindah suaranya ketika membaca Al Quran.

- Merahasiakan tilawahnya, jika khawatir jatuh pada sifat riya.

Sejalan dengan keutamaannya yang sangat besar, membaca Al Quran akan makin berkah jika mengikuti etika-etikanya. (ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: