Polisi Gelar KRYD Disiplin Prokes

Polisi Gelar KRYD Disiplin Prokes

radartasik.com, CIAMIS — Polres Ciamis melaksankan patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka pengwasan penerapan PPKM Level 2 dan pendisiplinan protokol kesehatan, Sabtu (2/10/2021) malam. Patroli dilakukan di tempat keramaian wilayah Ciamis-Pangandaran.


Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi SIK MSc Eng menagtakan, pihaknya secara masif melaksanakan patroli di tempat-tempat keramaian. Hal itu dilakukan untuk menjaga ketertiban dan keamanan, termasuk mendisiplinkan protokol kesehatan, karena pandemi ini belum berakhir.

“Kami lakukan tindakan pembubaran secara humanis dan persuasif, kita kedepankan terhadap aktivitas warga yang melanggar kebijakan protokol kesehatan,” jelasnya.

“Patroli ini juga dalam rangka pencegahan tindak kriminalitas C3, curat, curanmor, dan curas di wilayah hukum Polres Ciamis. Selain itu juga dilakukan strong point di sejumlah titik rawan kecelakaan dan kemacetan setiap sore dan pagi hari serta waktu keramaian kendaraan,” kata dia, menambahkan.

Lanjut dia, patroli Sabtu malam itu dilaksanakan seluruh anggota satuan fungsi dan Polsek jajaran. Di mana untuk satuan fungsi Polres Ciamis dilaksanakan di kawasan pusat kota daerah pemerintahan, sedangkan Polsek jajaran dilakukan hingga ke pelosok daerah.

Kapolres menambahkan, pihaknya bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah akan menindak tegas terhadap warga maupun pengusaha yang membandel dalam penerapan prokes. “Sanksi administratif hingga tindakan pidana ringan akan diberikan kepada mereka yang membandel,” ucapnya.

“Kebijakan PPKM Level 2 dikeluarkan pemerintah dalam rangka memutus dan menekan angka penyebaran virus corona serta dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya, menambahkan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga berpesan kepada warga masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendaftarkan dirinya. Vaksinasi ini dilakukan guna mempercepat target herd immunity. “Adanya akselerasi Gerai Vaksin Presisi Polres Ciamis untuk memperluas vaksinasi massal sehingga dalam mempercepat warga yang mendapatkan vaksinasi Covid-19,” tuturnya.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo SIK menambahkan, Operasi Patuh Lodaya 2021 ini lebih difokuskan kepada upaya pencegahan penyebaran virus corona. Selain itu tentunya juga mendisiplinkan warga untuk disiplin dalam berlalu lintas.

“PeA­maA­sangan stiker ajakan untuk selalu memakai masker, menjadi salah satu bentuk edukasi agar masyarakat sadar betapa pentingnya masker di tengah situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Selain penempelan stiker, kata Bowo personel di lapangan juga menyampaikan edukasi mengenai pendidikan berlalu lintas. Sehingga masyarakat ataupun pengendara bisa disiplin ketika saat berkendaran menggunakan kendaraan bermotor. “Operasi Patuh Lodaya 2021 kita fokuskan pada preventif terutama ini masih masa pandemi. Terutama kita melaksanakan sosialisasi dan peneguran kepada masyarakat,” kata dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: