Pentagon Sukses Lakukan Uji Coba Senjata Hipersonik

Pentagon Sukses Lakukan Uji Coba Senjata Hipersonik

Radartasik, Militer AS mengatakan berhasil menguji sistem rudal hipersonik dan mengklaim senjata baru itu mencapai kecepatan lebih dari lima kali kecepatan suara. Ini menandai peluncuran prototipe pertama yang berhasil setelah tiga tes yang gagal.

Angkatan Udara mengumumkan tes  dilakukan selama akhir pekan di dekat Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California. Dalam uji coba tersebut, pengebom B-52 Stratofortress melepaskan AGM-183A sebuah senjata Respon Cepat yang diluncurkan dari udara (ARRW) di lepas pantai selatan California.

“Setelah pemisahan dari pesawat, booster ARRW menyala dan terbakar selama durasi yang diharapkan, mencapai kecepatan hipersonik lima kali lebih besar dari kecepatan suara,” kata pihak militer dikutip dari Russian Today.

Sementara Brigadir Jenderal Heath Collins, pejabat eksekutif program Angkatan Udara untuk senjata mengungkapkan uju coba  itu merupakan "pencapaian besar".

Meskipun Pentagon telah mengklaim sistem boost-glide senjata secara teoritis dapat mencapai kecepatan Mach 20, atau 20 kali kecepatan suara, tes itu mencatat angka yang jauh lebih rendah. Para pejabat tidak merinci seberapa jauh rudal itu terbang selama peluncuran terbaru, tetapi militer sebelumnya telah menempatkan jangkauan operasionalnya sekitar 1.000 mil (1.609 km).

Rudal itu dikembangkan oleh kontraktor senjata Lockheed Martin sejak tahun 2018, ARRW hanya menjalani beberapa tes penerbangan hingga saat ini, termasuk tiga tes yang gagal antara bulan April dan Desember 2021.

Sementara uji coba sebelumnya untuk sensor dan sistem komunikasinya berhasil, masalah teknis lainnya mendorong para pejabat untuk menunda program hingga satu tahun pada bulan April.

Beberapa minggu sebelumnya, anggota parlemen memotong dana hingga setengahnya untuk pengembangan senjata andalan tersebut, mereka beralasan karena “kegagalan baru-baru ini dan penundaan dalam pengujian.”

Keputusan tersebut membunuh rencana Angkatan Udara untuk membeli 12 rudal ARRW pertama dari Lockheed Martin tahun ini, meninggalkan sejumlah pertanyaan yang belum terjawab tentang proses pengadaan.

BACA JUGA:Turki Memberikan Daftar Tuntutan Agar Finlandia dan Swedia Bisa Gabung NATO

Meskipun AS belum memiliki platform hipersonik, ARRW bukan satu-satunya yang sedang dikerjakan, Pentagon dilaporkan melakukan tes rahasia untuk “Konsep Senjata Pernapasan Udara Hipersonik” pada pertengahan Maret  menurut seorang pejabat AS yang dikutip oleh CNN.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan tes itu dirahasiakan untuk menghindari ketegangan dengan Rusia, karena itu terjadi hanya beberapa minggu setelah Moskow melancarkan serangan yang sedang berlangsung di Ukraina.

Rusia juga telah mengembangkan senjata hipersoniknya sendiri, termasuk Kh-47M2 Kinzhal (Belati) yang mulai beroperasi pada akhir 2017. Pada bulan Maret, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Kinzhal berhasil digunakan untuk menghancurkan gudang amunisi di Ukraina barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today