Harga Gandum Capai Rekor Tertinggi

Harga Gandum Capai Rekor Tertinggi

Radartasik, Harga gandum melonjak ke rekor tertinggi pada hari Senin (16/05/2022) setelah India memutuskan untuk melarang ekspor komoditas tersebut karena gelombang panas menghantam produksinya. Akibatnya harga naik menjadi €435 (sekitar 6,6 juta rupiah) per ton saat pasar Eropa dibuka.

New Delhi mengatakan akhir pekan ini pihaknya membatasi ekspor karena negara itu, produsen gandum terbesar kedua di dunia, mencatat rekor Maret terpanas. Pihak berwenang telah menyatakan kekhawatiran tentang ketahanan pangan dari 1,4 miliar penduduk negara itu sendiri di tengah produksi yang lebih rendah dan harga global yang meningkat tajam.

Perjanjian ekspor yang telah disepakati sebelum aturan yang dikeluarkan India pada 13 Mei masih dapat dipenuhi tetapi pengiriman di masa depan akan membutuhkan persetujuan pemerintahjelas New Delhi.

Larangan ekspor itu mendapat kritik tajam dari negara-negara industri Kelompok Tujuh, mereka mengatakan bahwa tindakan seperti itu "akan memperburuk krisis" kenaikan harga pangan.

India sebelumnya mengatakan siap membantu menutup beberapa kekurangan pasokan yang disebabkan oleh konflik Rusia-Ukraina. Kedua negara adalah pemasok utama ke pasar internasional, menyumbang sekitar 30% dari ekspor gandum global. Situasi ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa dunia bisa berada di ambang krisis pangan besar.

BACA JUGA: India Melarang Ekspor Gandum

Para ahli memperingatkan masa depan yang suram bagi negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara yang bergantung pada impor gandum Rusia dan Ukraina karena perang antara keduanya,

Rusia adalah pengekspor gandum nomor satu di dunia dan produsen terbesar setelah China dan India sedangkan Ukraina termasuk di antara lima pengekspor gandum teratas di dunia.

“Panen gandum dimulai pada Juli dan hasil tahun ini diharapkan sehat, artinya pasokan melimpah untuk pasar global dalam kondisi normal. Tetapi perang yang berkepanjangan di Ukraina dapat mempengaruhi panen di negara itu,” kata Karabekir Akkoyunlu, seorang dosen politik Timur Tengah di SOAS, Universitas London.

Selain itu, rencana pengusiran beberapa bank Rusia dari sistem perbankan SWIFT internasional sebagai pembalasan atas invasi Moskow ke Ukraina diperkirakan akan memukul ekspor negara itu.

“Pada saat krisis pangan global dan gangguan rantai pasokan akibat pandemi virus corona, ini menjadi perhatian nyata dan telah mendorong harga ke level rekor tertinggi,” tuturnya.

Meskipun Turki secara domestik memproduksi sekitar setengah dari gandum yang dikonsumsinya, negara itu menjadi semakin bergantung pada impor, 85 persen di antaranya berasal dari Rusia dan Ukraina.

Impor gandum Ankara dari Ukraina mencapai tingkat rekor pada tahun 2021, menurut data resmi dari Institut Statistik Turki.

“Pemerintah Turki mengatakan negara itu memiliki kapasitas produksi untuk menutupi kerugian dalam impor gandum, tetapi meskipun demikian, ini akan mendongkrak biaya secara signifikan,” jelas Akkoyunlu.

Dalam beberapa bulan terakhir antrean besar orang-orang yang menunggu untuk membeli roti bersubsidi telah muncul di berbagai distrik di Istanbul karena warga yang kekurangan uang menukar waktu mereka untuk menghemat beberapa lira untuk roti karena inflasi.

Kenaikan harga dan pasokan yang tidak mencukupi telah mempengaruhi negara-negara yang tertekan secara ekonomi di Timur Tengah dan Afrika Utara yang membeli sebagian besar gandum mereka dari Rusia dan Ukraina yang akan membawa mereka ke ambang krisis.

“Ukraina memasok biji-bijian dalam jumlah besar ke sebagian besar negara-negara ini dan banyak dari tempat-tempat ini sudah berada di ujung tanduk. Hal kecil yang lebih mengganggu harga roti dapat benar-benar memicu banyak gejolak,” jelas Monica Marks, seorang profesor politik Timur Tengah di Universitas New York Abu Dhabi.

“Tidak seperti Turki, sebagian besar ekonomi di dunia Arab sangat bergantung pada impor gandum. Mesir jauh dari ujung spektrum yang bergantung. Mesir bergantung pada Rusia dan Ukraina untuk 85 persen impor gandumnya, Tunisia bergantung pada Ukraina untuk antara 50 dan 60 persen impor gandumnya,” terangnya.

Marks mengatakan bahwa Tunisia sudah benar-benar menghadapi masalah ekonomi, banyak orang di Tunisia berbicara tentang potensi skenario Lebanon dan mereka tidak gila.

Dia mengutip laporan bahwa pemerintah Tunisia tidak mampu membayar pengiriman gandum yang masuk, dan mengatakan ada kekurangan yang meluas dari produk biji-bijian seperti pasta dan couscous yang merupakan bagian penting dari makanan Tunisia.

Akkoyunlu juga mencatat bahwa Mesir, Tunisia dan Lebanon, selain Yaman dan Sudan berada pada risiko besar dari lonjakan harga dan lonjakan permintaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today