Situ Bagendit Kembali Dibenahi

Situ Bagendit Kembali Dibenahi

Radartasik, GARUT – Objek Wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi akan segera diresmikan dalam waktu dekat. Rencananya peresmian objek wisata yang beru beres dibangun oleh Kementerian PUPR itu akan dilakukan Presiden RI Ir H Joko Widodo.

“Kemarin sudah ada pejabat dari PUPR juga sudah mengecek ke sini (Situ Bagendit),” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut Ma’mun kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

BACA JUGA: Orang Pakaian Serbaputih Misterius Berhasil Diungkap Polres Pringsewu

Menurut dia, kedatangan para pejabat Kementerian PUPR untuk mengecek kondisi sarana dan prasarana Objek Wisata Situ Bagendit yang baru selesai dibangun. Sehingga ketika akan diresmikan, kondisi sarana dan prasarana dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan.

“Peresmian direncanakan akhir Mei atau awal Juni. Pak presiden dan pak menteri PUPR yang direncanakan meresmikannya,” terangnya.

Ma’mun menerangkan, dalam peninjauan, Kementerian PUPR mengapresiasi Pemkab Garut yang telah membuka kawasan Wisata Situ Bagendit saat libur Lebaran dan banyak dikunjungi wisatawan.

“Kan viral di media (banyak kunjungan), mereka apresiasi karena memberikan manfaat nilai ekonomi buat masyarakat dan juga PAD,” ujarnya.

Selain memberikan apresiasi, kata dia, Kementerian PUPR juga meminta Pemkab Garut secepatnya melakukan pemagaran guna menjaga keamanan terhadap aset yang sudah terbangun dan juga untuk pengoptimalan pendapatan.

Sementara terkait masalah sampah dan tarif parkir yang dikeluhkan masyarakat, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Seperti halnya mengenai masalah sampah, pihaknya memasang beberapa tempat sampah dan memasang imbauan supaya wisatawan tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya mengimbau para pengunjung juga harus sadar wisata, artinya membuang sampah pada tempatnya,” terangnya.

Camat Banyuresmi Jujun Juhana menerangkan, dalam mengatasi masalah sampah pascalibur Lebaran, pihaknya melakukan operasi bersih (opsih) yang melibatkan semua pihak, termasuk DPRD Garut. Kegiatan opsih sudah dilakukan sejak 6 Mei hingga saat ini.

“Opsih ini kita sudah lakukan setiap Jumat, karena kami ingin Situ Bagendit ini bersih, apalagi wisata ini akan diresmikan pak presiden,” ujarnya.

Jujun menerangkan, kegiatan opsih juga dalam rangka mewujudkan kesadaran masyarakat dan kepedulian terhadap Situ Bagendit. “Tumbuh perasaan memiliki, kesadaran, kepedulian, persatuan dan kesatuan, sinergitas, keamanan, kenyamanan dan kegotongroyongan, dalam mewujudkan Situ Bagendit bersih, indah dan asri, sehingga Sapta Pesona Wisata dapat terwujud,” ucapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan menyampaikan,  untuk menjaga dan merawat Situ Bagendit tidak bisa hanya dibebankan kepada salah satu pihak. Harus ada komitmen bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: