17 Siswa Pingsan Saat Upacara Hardiknas

17 Siswa Pingsan Saat Upacara Hardiknas

EVAKUASI. Petugas PMI Kabupaten Ciamis melakukan pertolongan kepada para pelajar yang pingsan di halaman Pendopo Ciamis, kemarin. Foto : Iman SR / Radar Tasikmalaya--

Radartasik, CIAMIS -  Sekitar 17 pelajar pingsan saat mengikuti upacara Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jumat (13/5/2022).

Saat upacara berlangsung terlihat beberapa pelajar yang kebanyakan perempuan mengalami pingsan. Pasalnya dia kelelahan dengan keluhan belum sarapan pagi ditambah sengatan matahari. Saat itu semua pelajar yang pingsan langsung ditandu oleh  para petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA:Buruh Asal Pangandaran Tewas di Rumah Kekasihnya

Staf Pelayanan Masyarakat PMI Kabupaten Ciamis  Mega kalau yang upacara biasa ada yang pingsan kebanyakan perempuan. Banyak faktornya pertama karena dari sorotan matahari yang panas ditambah belum sarapan juga .

”Keluhatanya pusing lemas hingga sampai keluar keringat dingin, namun kebanyakan pusing, ”paparnya.

Dikatakan Mega, dimana belasan siswa yang terjatuh pingsan langsung diberikan pertolongan pertama sebagaimana prosedur pengobatan yang diterapkan. Pasien langsung bawa ke tempat yang teduh dan diberikan  oksigen hinga melonggarkan pakaian yang mengikatnya supaya oksigennya kembali masuk lagi.

”Kita ketahui penyebab pingsan itu kekurangan oksigen makanya pingsan,” paparmya.

Kata Mega, rata-rata siswa yang jatuh pingsan merupakan pelajar SD, SMP hingga SMA. “Semuanya aman tidak sampai ada yang terluka karena jatuh, karena tertolong oleh teman-temanya yang sedang upacara. Bahkan petugas juga sudah siap dibelakang,  sehingga cepat tertangani,” katanya.

Jadi totalnya itu ada sekitar 17 orang yang pingsan baik pelajar SD, SMP dan SMA, semuanya setelah dapat pertolongan sehat lagi,” paparnya.

Siti pelajar SMA yang pingsan mengaku bahwa pusing saat beberapa menit ikut upacara terutama saat ada matahari menyengat. ”Saya panas dingin makanya pingsan, lagi pula tidak sarapan dulu dari rumah, saya kira akan kuat,” pungkasnya. (isr)

Sumber: