Bupati Ciamis: Gotong Royong Harus Tetap Jadi Budaya

Bupati Ciamis: Gotong Royong Harus Tetap Jadi Budaya

radartasik.com, CIAMIS - Bupati Ciamis Dr Herdiat Sunarya menutup kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVIII Tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2021 di Halaman Desa Pusakasari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis.


Kegiatan tersebut merupakan implementasi terhadap upaya pemeliharaan dan pengembangan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan desa kelurahan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005.

Herdiat pun mengajak masyarakat untuk membudayakan kembali tradisi gotong royong sebagai salah satu warisan leluhur. “Saya apresiasi pada masyarakat Desa Pusakasari masih tetap memelihara budaya gotong royong yang merupakan warisan leluhur kita yang harus dilestarikan,” jelasnya.

Menurut dia, budaya gotong royong jangan sampai hilang dan harus tetap dikembangkan di Tatar Galuh Ciamis. “Pemerintah tidak bisa apa-apa tanpa dukungan dan gotong royong masyarakat dalam membangun suatu daerah,” ujarnya, menambahkan.

Menurut dia, adanya pandemi ini anggaran banyak yang dialihkan kepada penanganan Covid-19. Sehingga pembangunan di Kabupaten Ciamis menjadi sedikit terhambat dan satu-satunya yang dapat memecahkan masalah ini adalah dengan gotong royong, bahu membahu antar masyarakat. 

“Kami sangat mengapresiasi masyarkat Tatar Galuh Ciamis yang dalam kondisi saat ini pun masih mau gotong royong membangun desa. Insyaallah sesulit apapun kondisi kita saat ini, kalau dilaksanakan bersama-sama pasti akan selesai,” ucapnya, menambahkan.

Kepala DPMD Ciamis Ape Ruswandana mengatakan, BBGRM merupakan salah satu program gubernur yang diberikan pada Kabupaten Ciamis, khususnya Desa Sukasari Kecamatan Cipaku. Pencanangan program BBGRM di mulai pada tanggal 26 Agustus 2021 dan ditutup langsung oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya. 

“Tujuan kegiatan ini di antaranya melestarikan budaya gotong royong, meningkatkan peran aktif masyarakat baik mental, spritual dan pembangunan, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah,” ujarnya. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: