Pemdes Tawangbanteng Siapkan Beasiswa

Pemdes Tawangbanteng Siapkan Beasiswa

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Pemerintah Desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya akan memberikan beasiswa bagi warganya usia remaja atau pelajar yang dapat menghafal Al-Qur’an.

Kepala Desa Tawang Banteng Nandang Abdul Ajiz mengungkapkan, bagi pelajar asal Tawangbanteng yang ingin menerima beasiswa penghafal Al-Qur’an hanya tingggal mendaftarkan diri ke kantor desa. “Untuk tahfiz Al-Qur’an kebetulan bahwa kita telah berdiskusi dengan kelembagaan desa dan juga para agnia. Sumbernya untuk tahfiz quran ini adalah dari infak dan sedekahnya para agnia,” ujarnya kepada Radar, Kamis (12/5/2022). 

Kata Nandang, nantinya diintegrasikan dengan kebijakan yang ada di desa. Jadi program ini prasyaratnya adalah anak SD/MI atau santri/santriwati sederajat itu yang mendapatkan beasiswa syaratnya harus hafal 10 juz,  untuk anak SMP/MTs sederajat itu harus hafal 20 juz, sedangkan untuk anak SMA/SMK/Aliyah sederajat itu harus 30 juz.  Nanti akan dibantu untuk biaya masuk kuliahnya. 

BACA JUGA: Kecelakaan di Gentong, Truk Pembawa Miras Seruduk Truk Box dan Timpa Pemotor

Saat ini, terang dia, sudah ada putra daerah asli di Tawangbanteng yang mondok di pesantren Al-Multazam Ciamis yakni pondok Tahfiz Qur’an. Nandang bersyukur, remaja tersebut sudah lulus uji dari tim penguji, yakni 5 juz. Walaupun idealnya usia SMA/SMK/Aliah itu harusnya hafal 30 juz, namun diapresiasi untuk dibantu-bantuan untuk biaya sehari-hari di pesantren.

Salah satu warga, Erwin sangat menyambut baik langkah yang diambil oleh kepala Desa Tawangbanteng. Berharap semoga ini mampu memotivasi para penghafal Al-Qur’an khususnya bagi pelajar untuk terus mengasah ilmu yang dimilikinya. “Alhamdulillah ini bentuk kepedulian kepala Desa Tawangbanteng kepada warganya, khususnya kepada pendidikan dan menumbuhkan semangat keislaman dengan adanya program seperti ini,” ujarnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: