Rusia Sebut Jerman dan Polandia Terlibat Dalam Eksperimen Biologi Rahasia di Ukraina

Rusia Sebut Jerman dan Polandia Terlibat Dalam Eksperimen Biologi Rahasia di Ukraina

Radartasik, Rusia meningkatkan tuduhannya tentang jaringan luas laboratorium biologi rahasia yang didanai AS, Jerman dan Polandia disebut telah mengambil bagian dalam program penelitian biologi di tanah Ukraina menurut Letnan Jenderal Igor Kirillov, kepala Pasukan Perlindungan Radiasi, Kimia dan Biologi Rusia.

“Tidak hanya AS, tetapi juga sejumlah sekutu NATO mereka sedang melakukan proyek biologi militer di wilayah Ukraina,” katanya.

“Kepemimpinan Jerman meluncurkan program keamanan hayati nasionalnya yang independen dari Washington pada tahun 2013. Sekitar 12 negara, termasuk Ukraina, terlibat dalam program tersebut,” lanjutnya.

Upaya tersebut melibatkan lembaga ilmiah terkemuka Jerman seperti Institut Robert Koch dan Institut Mikrobiologi Angkatan Bersenjata Jerman, ungkap Kirillov menurut dokumen yang diperoleh Moskow dari sekitar 3.500 sampel serum darah orang yang tinggal di 25 wilayah Ukraina antara tahun 2016 dan 2019.

Adanya Keterlibatan lembaga-lembaga di bawah Bundeswehr menegaskan karakteristik militer dari penelitian biologi yang dilakukan di laboratorium Ukraina, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang tujuan yang dikejar oleh angkatan bersenjata Jerman yang mengumpulkan biomaterial Ukraina.

Polandia telah secara aktif terlibat dalam program-program tersebut juga. Dokumen menunjukkan Warsawa telah mendanai Universitas Kedokteran Nasional di kota barat Ukraina Lvov. Dikabarkan cabang universitas, Institut Epidemiologi dan Kebersihan, telah berpartisipasi dalam proyek biologi militer AS.

Selain itu, Institut Kedokteran Hewan Polandia telah terlibat dalam studi tentang ancaman epidemiologis dan penyebaran virus rabies di Ukraina.

“Khususnya studi ini telah dilakukan bersama dengan American Battelle Institute, salah satu kontraktor utama Pentagon,” tambah Kirillov dikutip dari Russian Today.

Rusia mulai menerbitkan bukti yang berhasil diperolehnya di jaringan luas biolab yang didanai AS yang tersebar di seluruh Ukraina tak lama setelah konflik antara Moskow dan Kiev pecah pada akhir Februari. Fasilitas rahasia tersebut diduga telah melakukan penelitian yang dipertanyakan secara etis dan berpotensi mengembangkan persenjataan biologis.

BACA JUGA:Rusia Tuduh Ukraina Akan Menggunakan Senjata Pemusnah Massal Untuk Menjebak Rusia

Pekan lalu, kepala Komite Investigasi Rusia, Alexander Bastrykin, mengatakan bahwa dinasnya telah mengidentifikasi" orang Amerika yang terlibat dalam penelitian biologi militer, termasuk karyawan Pentagon dan perusahaan yang terkait erat dengan militer AS.

Secara keseluruhan, Washington telah menyalurkan lebih dari $224 juta untuk penelitian biologi di Ukraina antara tahun 2005 dan awal 2022, klaim Bastrykin.

Pejabat AS telah mengkonfirmasi keberadaan "fasilitas penelitian biologi" di Ukraina, tetapi mengatakan Washington hanya memberikan apa yang mereka sebut "bantuan" untuk upaya yang tidak melibatkan pengembangan senjata biologis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today