Yayasan Alpha Indonesia Bangun Asrama Untuk Anak Yatim Piatu

Yayasan Alpha Indonesia Bangun Asrama Untuk Anak Yatim Piatu

Radartasik.com, SUKARTU - Yayasan Alpha Indonesia (YAI) Cabang Tasikmalaya saat ini sedang melakukan proses pembangunan asrama yatim piatu yang terletak di Kampung Sindang Reret RT 05 RW 01, Desa Tawang Banteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Bualdian Kholik, Ketua Yayasan Alpha Indonesia Cabang Tasikmalaya mengungkapkan, rencananya asrama yang saat ini tengah dibangun di atas lahan seluas 22 bata itu akan terdiri atas 2 lantai. Nantinya, selin difungsikan sebagai asrama untuk anak yatim piatu juga akan digunakan rumah pemberdayaan masyarakat. 

“Sebenarnya proses pembangunan asrama ini sudah dimulai sejak 4 Juli 2020 lalu. Namun karena berbagai kendala saat ini baru mencapai 30 persen. Kami sendiri sebenarnya menargetkan pembangunan asrama ini dapat selesai akhir tahun ini, sehingga tahun depan bisa digunakan" ujar Bualdian, Selasa (28/09/2021).


Disinggung tentang kebutuhan untuk pembangunan asrama tersebut, Bualdian menyebut mencapai Rp800 juta. Sementara sampai saat ini dana yang berhasil dihimpun dari para donatur baru tercapai Rp100 juta. 

“Jadi kekurangannya masih banyak, sehingga bagi para donatur yang ingin membagi sedikit rezekinya bisa transfer ke nomor rekening Bank Mandiri 177-00-0639014-7 atas nama Yayasan Alpha Indonesia. Para donatur juga bisa donasi langsung ke lokasi pembangunan ataupun bisa dijemput,” bebernya.

Bualdian berharap dengan adanya asrama tersebut nantinya bisa ikut membantu dan menjadi solusi atas permasalah pendidikan yang dihadapi anak-anak yatim piatu di wilayah sekitar, termasuk menghadapi masa depannya. Karena di lokasi tersebut juga direncanakan akan didirikan PAUD dan lainnya. 

Yayasan Alpha Indonesia Cabang Tasikmalaya menargetkan asrama yang tengah dibangun bisa menampung dan membina 40 hingga 50 anak yatim piatu dari sekitar asrama, terutama dari wilayah Desa Tawang Banteng. “Adapun nanti yang dari luar daerah atau luar kecamatan bisa kita terima selama masih ada daya tampungnya,” tuturnya.

Selain di Tasikmalaya, Yayasan Alpha Indonesia memiliki beberapa cabang, yaitu di Semarang, Yogyakarta, Bandung, Bogor, Bekasi dan Lampung.


“Ke depan InsyaAllah kita akan berskala nasional mencakup se-Indonesia, agar anak-anak yatim piatu bisa terperhatikan. Jadi bukan tugas negara saja yang membantu memelihara anak anak yatim piatu ini, melainkan yayasan juga  bisa membantu,” ungkap Bualdian.

Sementara itu, slah satu, pemerhati sosial Tasikmalaya, Dede Suherman mengatakan dirinya ikut mendukung dengan pembangunan asrama bagi yatim piatu tersebut. “Sekecil apapun yang kita sumbangkan bagi pembangunan asrama yatim piatu tersebut, mudah-mudahan menjadi amal ibadah kita semua untuk bekal di akhirat," ujarnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: