Sebulan, Terjadi 10 Kebakaran di Ciamis

Sebulan, Terjadi 10 Kebakaran di Ciamis

radartasik.com, CIAMIS — Dalam waktu sebulan sudah terjadi 10 kebakaran di Kabupaten Ciamis. Mayoritas penyebabnya adalah karena korsleting listrik dan kelalaian manusia. Hal itu diungkapkan Ketua UPTD Pemadam Kebakaran Ciamis Wawan kepada Radar, Selasa (28/9/2021).


Kata dia, kebakaran yang terjadi mulai dari pabrik pengelolaan kayu, gudang gula, rumah dan terbaru kandang ayam yang terbakar pada, Senin (27/9/2021) sekitar pukul 16.30 di Dusun Tamansari RT/RW 022/006 Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican milik

Ade Nuryaman (48).

Menurut dia, kandang ayam yang terbakar ini memiliki ukuran 5x15 meter dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp 75 juta. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, melainkan hanya kerugian materi saja.

Kata dia, dugaan awal kandang ayam terbakar dari pengopenan tungku kayu dan menyambar ke serbuk gergaji, sehingga merambat ke bangunan kayu yang mudah terbakar pada kandang tersebut. “Jadi semuanya hangus terbakar tidak tersisa, jadi banyak ayam yang terpanggang dalam kejadian tersebut,” jelasnya.

Wawan menambahkan, kejadian kebakaran di bulan ini cukup sering terjadi. Kebanyakan memang karena kelaian manusia, lupa mematikan kompor dan tungku. Bahkan selain itu dari kabel yang usang dan terkelupas sehingga menyebabkan korsleting listrik. “Makanya kami imbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, mengingat saat ini  sering terjadi kebakaran,” jelasnya.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi menambahkan, Tagana langsung mendatangi lokasi kebakaran kandang ayam di Pamarican untuk melakukan pemadaman berasama Damkar. Namun, api sudah sangat besar dan tidak bisa dipadamkan. Sehingga semua bangunan dan isinya tidak bisa diselamatkan. “Tidak ada korban jiwa, pemilik mengalami kerugian puluhan juta,” ujar dia, menjelaskan. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: