Puluhan Bunda PAUD Ngumpul di Cigalontang, Ngapain?

Puluhan Bunda PAUD Ngumpul di Cigalontang, Ngapain?

radartasik.com, CIGALONTANG - Puluhan Bunda PAUD di Kabupaten Tasikmalaya mengikuti sosialisasi Peran Serta Bunda PAUD di Kecamatan Cigalontang, Senin (27/9/2021). Kegiatan ini dihadiri langsung Bunda PAUD Kabupaten Tasikmalaya, Muspika Cigalontang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang PAUD Dikmas pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Sera Sani Verana SPd MPd mengatakan, PAUD memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya generasi muda.

“Tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata Sera, PAUD merupakan upaya pembinaan kepada anak dengan batas usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dengan demikian, kata dia, PAUD memiliki peran penting di suatu daerah dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak sejak dini untuk mencapai masa depan yang gemilang, baik dan cerah.

Melalui sosialisasi ini, kata dia, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi tenaga pendidik PAUD bahwa anak usia dini tidak hanya diberikan dalam satu bidang pendidikan saja. Tetapi juga, perlu memberikan pelayanan mencakup kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan dan perlindungan bagi anak usia dini.

“Kegiatan yang diagendakan berlangsung selama empat hari ini untuk menyatukan langkah, membangun sinergitas program pendidikan bagi anak usia dini mulai dari nasional hingga kabupaten yang dapat dijabarkan serta diaplikasikan oleh Bunda PAUD se-Kabupaten Tasikmalaya secara lebih optimal,” ucapnya.

Bunda PAUD Kabupaten Tasikmalaya Hj Ai Diantani Sugianto mengungkapkan, PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak. Ke depan peran Bunda PAUD di kecamatan hingga di desa-desa dalam mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas harus terus dioptimalkan.

“Dengan pendidikan usia dini yang tepat, diharapkan kelak mereka menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi. Dengan demikian, peran PAUD di desa-desa mesti dioptimalkan. Terutama sebagai wadah pendidikan karakter untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas,” kata dia.

Ai menambahkan, peran serta dinas terkait juga penting, supaya antar program dapat saling terkoneksi, yang menciptakan suatu program pendidikan anak usia dini terintegrasi antar komponen pemangku kepentingan. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: