Bill Gates Memberikan Peringatan kepada Elon Musk

Bill Gates Memberikan Peringatan kepada Elon Musk

RadartasikBill Gates bersiap menghadapi potensi masalah dengan Elon Musk setelah menyelesaikan akuisisi Twitter-nya. 

Bill Gates mengatakan bahwa kebebasan berbicara dapat membuat informasi yang salah menjadi lebih umum di media sosial.

"Dia sebenarnya bisa memperburuknya," kata Gates tentang Musk dalam wawancara dengan Wall Street Journal. 

Bill Gates menambahkan, orang Afrika Selatan itu memiliki rekam jejak yang "menakjubkan" dalam membangun bisnis yang sukses di Tesla dan SpaceX.

“Saya agak ragu itu akan terjadi kali ini, tetapi kita harus berpikiran terbuka dan tidak pernah meremehkan Elon,” tutur Gates. 

“Apa tujuannya? Di mana dia berbicara tentang keterbukaan, bagaimana perasaannya tentang sesuatu yang mengatakan bahwa vaksin membunuh orang atau bahwa Bill Gates melacak orang? Apakah itu salah satu hal yang menurutnya harus disebarkan? Jadi masih… Tidak sepenuhnya jelas apa yang akan dia lakukan,” lanjutnya.

Gates berpendapat bahwa pemerintah dan perusahaan media sosial gagal sepenuhnya meredam komentar palsu terkait pandemi Covid-19. 

“Ketika Anda tidak memiliki pemimpin tepercaya yang berbicara tentang vaksin, cukup sulit bagi platform untuk melawannya,” jelasnya. 

“Jadi saya pikir kami memiliki masalah kepemimpinan dan kami memiliki masalah platform,” kritiknya dikutip dari Russian Today.

Musk mencapai kesepakatan dengan Twitter minggu lalu untuk membeli perusahaan senilai $44 miliar. 

Dia telah bersumpah untuk mengembalikan kebebasan berbicara ke platform yang memicu ketakutan dari Gedung Putih hingga Silicon Valley bahwa Twitter tidak akan lagi menyensor komentar.

Bahkan pemerintahan Joe Biden mengumumkan rencana untuk membuat Dewan Tata Kelola Disinformasi hanya dua hari setelah direktur Twitter setuju untuk menerima tawaran Musk.

Namun, menentukan apakah ucapan itu salah sering kali ada di mata yang melihatnya. 

Misalnya beberapa komentar yang disensor di awal pandemi, seperti teori bahwa virus itu berasal dari laboratorium China menjadi arus utama di bulan-bulan berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: