Dua Ormas juga Saling Serang Pinggiran Bandung, 20 Pelaku Diamankan Polisi

Dua Ormas juga Saling Serang Pinggiran  Bandung, 20 Pelaku Diamankan Polisi

Radartasik.com, BANDUNG — Rupanya bentrok yang diduga melibatkan anggota ormas Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) dan Pemuda Pancasila (PP) tidak hanya terjadi di Kabupatern Cianjur saja . Bentrok serupa terjadi di Kabupaten Bandung, tepatnya di sekitar RT 01 RW 09, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka pada Minggu (26/09/2021) pagi.

Akibat bentrokan tersebut satu bangunan bangunan sekretariat salah satu ormas tersebut hancur.

Saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, Kepala Desa Cikuya, Dadan Suganda melalui Kepala Dusun Tiga, Denny membenarkan adanya peristiwa bentrokan antara kedua ormas tersebut di wilayahnya. “Kita tahu-tahu saat kejadian bentrokan. Jadi awal mula kenapa bisa cek-coknya dan soal apanya kita belum tahu,” ujar Denny melalui sambungan telepon.

Denny mengungkapkan ketika bentrokan kedua anggota ormas terjadi pihak desa, termasuk Kades bersama TNI dan Polri langsung terjun ke lokasi. “Semua langsung bergerak. Babinsa dan Binmas (Bhabinkamtibmas) juga datang (ke lokasi) diikuti Kapolsek dan Danramil,” papar  Denny.

Denny mengaku sangat menyayangkan terjadi bentrok kedua ormas tersebut. Pasalnya, selain merusak nama baik ormas masing-masing juga membuat warga sekitar menjadi resah dan ketakutan.

 “Kalau memang ada permasalahan atau persoalan, bagusnya bicarakan dulu antara dua ormas yang bersangkutan, ajak ketua masing-masing bila perlu libatkan pihak kepolisian. Ini mah main hakim sendiri, jadinya merugikan,” tuturnya.

“Untung saja gak ada korban, gimana kalau sampai ada korban dari yang gak punya dosa. Jangan sampai seperti ini lagi,” pungkasnya. 


Sementara itu Satreskrim Polresta Bandung bersama Polsek Cicalengka berhasil mengamankan 20 orang yang diduga pelaku perusakan markas BPPKB pada Minggu (26/09/2021) malam.

"Kami mengidentifikasi para pelaku berdasarkan keterangan saksi dan rekaman yang beredar di masyarakat. Ada sekitar 20 orang yang kami amankan," ujar Kasat Reskrim Polresta Bandung AKP Bimantoro, Senin (27/09/2021).

Selain mengaamankan para pelaku pengrusakan, polisi juga berhasil menyita sejumlah kendaraan, senjata tumpul dan sejata tajam yang diduga dipakai untuk menyerang sekretariat ormas lawannya.

"Kita bergerak cepat mengamankan para pelaku untuk menghindari agar tidak menyulut konflik kembali," katanya.

Hingga saat ini para pelaku yang berhasil diamankan tersebut masih menjalani pemeriksaan oleh polisi.  "Statusnya masih dalam pemeriksaan dan belum ada tersangka," tegas Bimantoro.

Diduga kejadian bentrok di Cicalengka ini buntut dari insiden bentrok di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang pada Minggu (26/09) dini hari. Tak hanya di Sumedang, kejadian yang dipicu masalah serupa juga terjadi di Cianjur dan mangakibatkan salah satu anggota ormas tewas. (jabeks/dtk/bbs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: