Kuliner Malam, Korean Barbeque Pinggir Jalan

Kuliner Malam, Korean Barbeque Pinggir Jalan

Radartasik.com, BANDUNG Street food alias jajanan kaki lima punya pamor tidak kalah dengan kafe-kafe yang terus bermunculan. Di Kota Bandung ada beberapa titik yang menjadi kawasan jajanan kaki lima, cocok bagi pelancong yang ingin berwisata kuliner.

Salah satunya di Jalan Lengkong Kecil. Jalan ini semula hanyalah jalan raya biasa. Berjarak sekitar 600 meter dari pusat Kota Bandung yakni Jalan Asia Afrika. Dari Jalan Asia Afrika, pengunjung bisa berjalan kaki dalam waktu tujuh menit saja.

Jajaran kedai kuliner kaki lima di Bandung ini baru memulai aktivitasnya pukul 18.00 WIB. Semakin malam kawasan ini terus ramai didatangi pembeli dan penjual yang menjajakkan makanan.

Kawasan jajanan kaki lima kuliner malam di Lengkong Kecil ini melengkapi jajanan kaki lima di tempat lain yang sudah lebih dulu ada di Bandung, seperti Sudirman Street dan Dipati Ukur.

Street Food Lengkong Kecil baru muncul saat pandemi Covid-19 dan pemerintah menerapkan PSBB pada awal tahun 2020.

Salah satu pedagang di kawasan Lengkong Kecil Bandung ini, Arie Tegil menuturkan, ide mengubah jalan menjadi kawasan kuliner malam jajanan kaki lima adalah melihat kondisi masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid-19. Saat itu, masyarakat sekitar banyak yang kehilangan pekerjaan dan tidak bisa bekerja.

”Awalnya saya melihat lingkungan di sekitar banyak orang yang kehilangan pekerjaan, termasuk saya juga. Akhirnya jadi kepikiran untuk bikin street food gitu, jajanan kaki lima. Saya nggak sangka bisa seramai ini,” kata Arie ditemui di lokasi, pekan lalu.

Jajanan kaki lima di Lengkong Kecil tidak asal dalam mengemas konsep kawasannya. Di lokasi kuliner malam ini, pengunjung akan banyak menemukan pedagang yang menjual korean barbeque.

Panganan khas negeri Ginseng, Korea, ini biasanya ditemukan di dalam restoran premium. Tapi di lokasi jajanan kaki lima ini, konsumen akan mendapatkan korean barbeque yang dijual dalam tenda-tenda berukuran mini hingga besar.

Konsep korean barbeque dengan tenda ini sebenarnya sudah lebih dulu dilakukan di negara asalnya. Konsumen biasa menyaksikan dalam tayangan drama Korea yang kerap kali menampilkan scene memakan korean barbeque.

Satu tahun berjalan, ada 70-an kedai kaki lima yang meramaikan kawasan kuliner Lengkong Kecil, Bandung. Meski didominasi korean barbeque, pengunjung juga bisa menemukan aneka ragam makanan lain, seperti dimsum, seafood, ayam geprek, siomay, dan lainnya.

Senada dengan Arie, Dodi juga melihat peluang untuk berdagang. Bahkan, ia berani alih profesi dari yang semula sebagai event organizer (EO) konser, kini berjualan korean barbeque.

Dalam sehari, ia bisa menjual 300 sampai 500 porsi. ”Saya jualan dari akhir tahun lalu,” ucap Dodi.

Nikmatnya ragam kuliner di Street Food Lengkong Kecil turut dirasakan Asri (25). Ia kali pertama datang ke kawasan kuliner Lengkong Kecil. Ia tertarik karena makanan korean barbeque yang paling banyak dijual di sini.

”Baru pertama kali ke sini. Ini juga saya tahu dari media sosial TikTok. Penasaran aja pengin coba, untungnya tempatnya nyaman dan bersih. Jadi enak buat makan,” katanya. (Widia/Besta/RB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: