Cegah Abrasi Sungai Ciputrahaji, Pramuka Tanam Pohon

Cegah Abrasi Sungai Ciputrahaji, Pramuka Tanam Pohon

radartasik.com, CIAMIS — Anak Sungai Ciputrahaji di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis sering meluap dan masuk ke permukiman warga. Melihat kondisi itu, Pramuka Kabupaten Ciamis melakukan aksis sosial dengan penanaman pohon di bibir sungai tersebut, Rabu (22/9/2021).


Angota Pusdiklatcab Pramuka Kabupaten Ciamis Yayat Hayatul  Hasani mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pramuka Penegak Kwaran Banjaranyar. 

“Acaranya dua hari, Selasa-Rabu  dengan dihadiri Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana yang juga sebagai ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis. Namun dalam acara LDK ini ada yang lebih penting, yaitu penghijauan di sepanjang Anak Sungai Ciputrahaji. Karena sering terjadi abrasi dan luapan air sungai ke permukiman warga, makanya antisipasi sejak dini dengan penanaman pohoh,” ujarnya, menjelaskan.

Tujuanya penanaman pohon ini, kata dia, supaya bisa menahan abrasi sungai dan menahan air agar tidak ada luapan ke permukiman warga. “Semoga dengan penanaman pohon tersebut bisa menjadi solusi bertahap dalam penanganan banjir di Ciamis Selatan. Kami tanam berbagai jenis bibit pohon, dari mulai picung, kemiri, aren. Kenapa jenis itu, karena akarnya bisa menanpung air lebih banyak dan kuat,” jelasnya.

Peserta LDK Pramuka, Peni Sri Rahyu  Pelajar SMAN 2 Banjarsari mengatakan banyak ilmu yang dipetik selama LDK Pramuka. Salah satunya penghijuan di anak Sungai Ciputrahaji, di mana kegiatanya seru karena banyak yang menanam pohon.

“Pohon yang kami tanam semoga besar dan bisa ada manfaatnya bagi masyarakat, salah satunya bisa menahan abrasi dan luapan air sungai ke permukiman warga,” jelasnya.

Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana yang juga sebagai ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis mengatakan, pihaknya menyambut baik acara LDK itu. “Bahkan saya juga hadir dalam acara tersebut dengan menanam pohon di bantaran anak Sungai Ciputrahaji. Makanya pihakya bertekad akan terus menanam ribuan pohon di Ciamis, agar Ciamis hijau,” ujar dia.

“Dengan menggalakan yang namanya  Gerakan Nanam Pohon (GNPp) baik di gunung atau di bantaran sungai. Karena manfaatnya pohon itu banyak, baik oksigenya, penahan longsor, resapan air dan penghijauan, sekaligus bisa menahan abrasi sungai. Ayo kita menanam pohon, agar Ciamis indah dan lestari,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: