AMPP Ciamis: Kami Ingin Lihat Kadis PU ke Lapangan

AMPP Ciamis: Kami Ingin Lihat Kadis PU ke Lapangan

radartasik.com, CIAMIS - Aliansi MaA­syaA­rakat Peduli Pembangunan (AMPP) Kabupaten Ciamis menggelar aksi ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, Senin (20/9/2021) sekitar pukul 10.00. Mereka meminta pengawasan pembangunan yang dilaksanakan oleh pihak ketiga dilakukan pengawasan secara benar.


Koordinator Aksi AMPP Ifan Shofarudun Jaohari mengatakan, kedetangannya ingin ada tindakan nyata dari DPUPRP dalam segi pengawasan-pengawasan infrastruktur di Kabupaten Ciamis selama ini. Karena sejauh ini progresnya tidak terlihat dan sepesifikasinya kurang meyakinkan.

“Dari beberapa pekerjaan yang kami pantau tidak ada papan nama, sepesifikasinya jelek, progresnya tidak berjalan. Ada yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa kontraknya, tapi juga belum selesai,” jelasnya.

“Kami ingin melihat kepala dinas datang ke lapangan sesuai aturan undang-undang yang berlaku tentang jasa konstruksi. Keduanya ingin DPUPRP menyelesaikan pembangunan-pembangunan selama ini tertunda seperti Gedung Atletik tahun 2016 menimbulkan berbagai masalah,” ujarnya, menjelaskan.

Kata dia, informasi yang diterima untuk tahun 2020 banyak temuan BPK terkait pekerjaan di DPUPRP, salah satunya di Tambaksari seperti jalan dengan temuanya Rp 300 juta yang pengembalian. “Walau secara administrasi selesai, tapi secara proses gagal, menjadi catatan. Maka kami akan kawal temuan atau kegagalan ini sampai ke aparat penegak hukum,” ujar dia, menjelaskan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis Andang  Irfan Triyadi menyampaikan, masukan dari teman-teman peserta aksi ini menjadi bahan evaluasi bagi dinas untuk lebih baik ke depannya dalam hal pekerjaan infrastruktur di tahun ini.

Sedangkan untuk masukan terkait jalan yang masih rusak, kata dia, semuanya sudah masuk dalam perencanaan. Bahkan sudah diusulkan untuk mendapatkan anggaran dari provinsi dan pemerintah pusat. “Mudah-mudahan doa semua, siapa yang tidak mau membangun jalan rusak. Kita fokus wilayah Ciamis Utara dan Selatan kita fokuskan ada dari DAK, APBD kabupaten serta Jawa Barat,” paparnya.

Kemudian, kata dia, meA­ngenai Gedung Atletik kewenangan ada di Disbudpora, namun lagi dilaksanakan pembangunannya. “Tapi melihat dari luar kontrak, karena Gedung Atletik akan digunakan dalam pembukaan Porprov Jabar, insyaallah tahun ini selesai,” paparnya.

“Sedangkan terkait temuan BPK, pertama dari sisi kelebihan bayar sudah dikembalikan 90 persen, yang telah kami hitung rata-rata per paketnya ada Rp 50 juta, Rp 17 juta sampai Rp 100 juta. Jadi semua tergantung paketnya,” kata dia, menambahkan. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: