46 Anggota IDI Siap Jadi Vaksinator

46 Anggota IDI Siap Jadi Vaksinator

radartasik.com, CIHIDEUNG - Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Tasikmalaya terus berupaya membantu program percepatan vaksinasi . Tujuannya agar mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok di masyarakat.


Hal itu disampaikan Ketua IDI Cabang Kota Tasikmalaya dr Polar Silumi SpOG MHKes setelah Pelantikan Pengurus IDI Cabang Kota Tasikmalaya periode 2020-2023 menggunakan hybrid yaitu daring dengan zoom dan luring di Hotel Horison, Minggu (19/9/2021).

”Program prioritas kita yakni percepatan vaksinasi. Oleh karenanya, kita siap membantu pemerintah sebagai vaksinator untuk mencapai herd immunity,” katanya kepada Radar, kemarin.

Untuk itu, IDI Cabang Kota Tasikmalaya akan merespons lebih cepat ketika dibutuhkan bantuan oleh instansi menjadi vaksinator, pihaknya pun memiliki group Whatsapps khusus yaitu vaksinator IDI Kota Tasikmalaya. Dengan anggota sebanyak 46 dokter.

”Ketika ada vaksinasi dan membutuhkan dokter, kita mudah dimintai tolong dan siap untuk membantu kegiatan vaksinasi,” ujarnya.

Semua itu, kata dia, sebagai wujud mendorong pemerintah mempercepat target 70 persen vaksinasi hingga akhir Desember. “Kini di Kota Tasikmalaya sendiri baru 30 persen, untuk itu kita terus kejar. Minimal di akhir tahun 50 persen,” katanya.

Agar lebih masif pencegahan pandemi Covid-19, sebagai tenaga kesehatan tugasnya melakukan edukasi tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. ”Karena sebagai tenaga kesehatan merupakan ujung tombak pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat,” ujarnya.

IDI Cabang Kota Tasikmalaya pun sambung dia, terus menggeliatkan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat. ”Kita setiap Minggu melakukan edukasi kepada masyarakat yang ditayangkan di Radar TV setiap Kamis malam,” katanya.

Selain itu, ia melakukan perubahan fundamental bersejarah IDI Cabang Kota Tasikmalaya yaitu melakukan pemekaran adanya kepengurusan IDI Cabang Kabupaten Tasikmalaya.

”Alhamdulillah hasil musyawarah cabang IDI Cabang Tasikmalaya pada 20 Juni 2021 bisa mengadakan pemekaran. Dengan begitu bisa terbentuk dua kepengurusan yaitu IDI Cabang Kota dan Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya.

Lewat virtual, Ketua IDI Jawa Barat dr Eka Mulyana SpOT SH MHKes mengucapkan selamat dan sukses terhadap pelantikan pengurus IDI Cabang Kota Tasikmalaya.

Ia pun berpesan agar mampu membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi mengejar target akhir tahun. ”IDI Kota Tasikmalaya diharapkan agar meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19, sehingga tidak masuk gelombang ketiga. Salah satu bentuknya pencegahan menyukseskan percepatan vaksinasi,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: