Kota Semarang Akan Diawasi 20.000 CCTV

Kota Semarang Akan Diawasi 20.000 CCTV

Radartasik.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terus menyempurnakan program online sistem Semarang Smart City. Warga Semarang akan semakin merasa terlindungi dengan keberadaan program yang digagas sejak 2013 itu.

Ronda online ini sendiri adalah pengawasan lingkungan sekitar mulai dari perkotaan hingga tingkat RT melalui sistem daring CCTV (closed circuit television) yang terintegrasi yang berguna meningkatkan keamanan di Kota Semarang.

”Kami memiliki portal yang bisa diakses oleh publik, yaitu di tiliksemar semarangkota. Memang masih belum semua terintegrasi, tetapi kami terus berproses untuk dapat meningkatkan keamanan di Kota Semarang,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Kamis (16/09/2021).

Pria yang akrab disapa Hendi ini menjelaskan kuantitas atau jumlah CCTV ini seharusnya ditambah agar bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

”Untuk kuantitas CCTV-nya sendiri juga masih harus ditambah supaya bisa mencakup pantauan ke semua wilayah, tapi dengan konsep yang sudah berjalan dan berhasil diaplikasikan ini, insya Allah ke depan tinggal menyempurnakan saja,” terangnya.

Dia menerangkan saat ini pihaknya fokus dalam penyempurnaan pemantauan Kota Semarang, juga dititikberatkan pada kemampuan sistem untuk dapat melakukan analisa secara otomatis.

”Jadi bukan hanya menampilkan gambar pantauan, tapi dikembangkan dalam kemampuan deteksi, agar mempermudah stakeholder dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang tinggal di Kota Semarang,” jelasnya.

Secara detail, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Semarang Bambang Pramusinto menyebutkan saat ini telah ada 10.600 CCTV yang terpasang. Namun, dirinya tak menampik belum semua CCTV tersebut terhubung dalam jaringan, terutama untuk CCTV di wilayah RT.

”Ada sebagian kecil yang masih proses membangun jaringan, khususnya di wilayah RT, ini yang tengah kami upayakan agar target 10.600 CCTV semua terhubung,” jelasnya.

Di sisi lain, Bambang juga menyebutkan jumlah CCTV yang terpasang di Kota Semarang pada tahun depan juga akan bertambah, sesuai arahan Wali Kota Semarang yang disampaikan kepadanya.

”Tahun depan Pak Wali masih akan menambah jumlah CCTV untuk tiap RT, sehingga akan ada lebih dari 20 ribu CCTV realtime yang dapat dipantau,” katanya. (ks/jpr/ful/top/JPR/jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: