Dishub Tak Berani Tegur Parkir Liar di Paswet

Dishub Tak Berani Tegur Parkir Liar di Paswet

radartasik.com, CIHIDEUNG — Salah satu faktor penyempitan Jalan Pasar Wetan yaitu adanya kendaraan-kendaraan yang parkir sembarangan. Meski demikian, petugas UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya belum berani melakukan penindakan.


Pantauan Radar, masih terdapat beberapa pelanggaran yang mempersempit Jalan Pasar Wetan. Selain kendaraan yang melawan arus, parkir sembarangan dan PKL pun ikut mewarnai kawasan tersebut.

Kepala UPTD Parkir Dinas PerA­hubungan Kota Tasikmalaya Hamzah Diningrat mengatakan bahwa ruang parkir sudah disediakan sepanjang Jalan Pasar Wetan di lajur kiri.

Ada 9 titik petugas yang ditempatkan di jalan tersebut. “Sepanjang jalan itu memang untuk parkir, tapi di sebelah kirinya,” ungkapnya.

Tidak bisa dipungkiri, lanjut Hamzah, kendaraan-kendaraan yang parkir di ruas jalan bagian kanan itu melanggar. Bukan semata-mata karena aturan, karena hal tersebut bisa menghambat lalu lintas. “Tidak boleh kalau (parkir) di kanan,” ucapnya.

Disinggung upaya penindakan, Hamzah berdalih sedang konsen mengkaji perubahan skema penempatan petugas parkir. Hal itu seiring rencana penataan Jalan Cihideung yang berkaitan dengan area parkir. “Akan ada perubahan soal pengelolaan parkir di wilayah itu,” ucapnya.

Maka dari itu, sementara ini pihaknya tidak bisa melakukan penindakan. Namun pihaknya senantiasa meminta juru parkir agar mengingatkan ketika ada pengendara yang parkir sembarangan. “Sementara kita mengingatkan saja,” ucapnya.

Di sisi lain, dia pun melemparkan penanganan parkir sembarangan itu kepada aparat kepolisian. Pasalnya, kepolisian pun punya kewenangan untuk menindak pengendara yang melanggar aturan. “Kita percayakan kepada kepolisian,” katanya.

Salah seorang pengendara, Lukman Hakim (40), warga Cipedes mengaku kerap terganggu dengan kendaran yang parkir seenaknya. Termasuk di Jalan Pasar Wetan, HZ Mustofa dan jalur ramai lainnya. “Apalagi kalau mobil (yang parkir sembarangan), jalan makin sempit saja,” tuturnya. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: