FPC, Polsek & Koramil Jaga Cihideung Tetap Bersih

FPC, Polsek & Koramil Jaga Cihideung Tetap Bersih

radartasik.com, CIHIDEUNG — Perubahan kondisi di Jalan Cihideung sangat disyukuri oleh berbagai pihak. Pemerintah Kota Tasikmalaya dan masyarakat pun menyatukan misi untuk menjaga kawasan tersebut.


Forum Peduli Cihideung (FPC), Pemerintah Kecamatan, Polsek dan Koramil setempat bersama pedagang kembali gotong royong membersihkan Jalan CiA­hiA­deung, Jumat (17/9/2021). DiA­lanjutkan deA­ngan peA­nanA­A­daA­A­taA­nganan koA­A­mitmen berA­sama untuk jalur tersebut tetap bersih, serasi dan indah.

Camat Cihideung H Soni MSI menyebutkan bahwa perubahan di Jalan Cihideung sudah sangat terasa. Untuk menjaganya, pemerintah tidak bisa bergerak sendiri perlu peran dari semua pihak. “Khususnya para pedagang kaki lima dan juga pemilik toko,” ungkapnya kepada Radar, kemarin.

Dengan komitmen bersama, kata dia, diharapkan menjadi semangat positif bagi semua pihak. Ketertiban Cihideung akan menunjang penataan Jalan Cihideung dan HZ Mustofa yang akan dimulai tahun 2022. “Kami pun memberikan himbauan kepada para PKL dan pemilik toko untuk sama-sama menjaga kebersihan,” terangnya.

Inisiator FPC, Kepler Sianturi menyebutkan bergeraknya warga di sekitar Jalan Cihideung merupakan buah dari keresahan yang semakin menumpuk. Bahkan, di awal mereka banyak mendapat sugesti negatif bahwa pergerakan warga akan sia-sia. “Banyak yang menyebut mustahil (Cihideung dibenahi, Red), tapi faktanya kan bisa,” terangnya.

Keberhasilan penertiban Jalan Cihideung, kata dia, bukan karena peran pihak tertentu saja. Sebab banyak yang ikut andil dalam prosesnya, baik itu pemerintah kota, masyarakat termasuk media massa.

“FPC mungkin lebih intens gerak karena paling terkena dampak, tapi pada prinsipnya ini berkat dukungan semua pihak,” katanya.

Perwakilan FPC lainnya, Lutfi Abdul Aziz mengatakan bahwa penertiban PKL Cihideung sebagai bukti kebersamaan. Bahkan pada prinsipnya PKL pun diuntungkan dengan kondisi Jalan Cihideung yang nyaman dan bersih. “Tanpa harus ada konflik horizontal, karena sejauh ini hubungan warga dengan PKL pun terjalin baik,” tuturnya.

Komitmen bersama ini, sambung dia, dinilai perlu. Pasalnya, Jalan Cihideung harus dijaga bersama-sama. Karena faktanya yang paling berkewajiban tidak mampu mengawasi secara maksimal. “Karena sebetulnya ini kewajiban dari pemerintah kan,” ucapnya. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: