Hujan Deras Robohkan 3 Rumah di Ciamis

Hujan Deras Robohkan 3 Rumah di Ciamis

radartasik.com, CIAMIS - Hujan deras disertai angin kencang pada Selasa-Rabu (14-15/9/2021) pagi mengakibatkan tiga rumah di Kecamatan Pamarican, Kecamatan Ciamis dan Kecamatan Sadananya rusak. Hal itu diungkapkan Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada Radar, Rabu (15/9/2021).


Kata dia, kerusakan rumah disebabkan tertimpa pohon, kemudian ada yang rumahnya sudah lapuk, sehingga rusak ketika ada angin kencang. “Kami sudah data, rumah yang rusak yakni milik Yayan Sutaryana (46), warga Dusun Kertahayu RT/RW 035/009 Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican tertima pohon petai yang berada dekat rumahnya,” ujar dia, menjelaskan.

“Dari laporan itu langsung tim menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi pohon tumbang. Kami  bersama warga aparat desa, kepolisian dan TNI melakukan evakuasi hingga beres siang hari,” kata dia, menambahkan.

Lanjut dia, menurut keterangan warga dan pemilik rumah, pohon tersebut tumbang pagi-pagi dan langsung menimpa rumah sampai rusak. “Pada saat kejadian hujan dengan angin kencang, pohon langsung tumbang. Beruntung para penghuninya langsung keluar rumah, sehingga tidak ada korban jiwa,” ujarnya, menjelaskan.

Lanjut Ade, kejadian kedua rumah ambruk milik Maman (40), warga  Dusun Kertahayu RT/RW 01/12 Desa Sindangrasa Kecamatan Ciamis. Rumah korban yang ambruk itu menyisakan sedikit ruang tamu dan kamar.

“Pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di sawah tak jauh dari rumahnya. Beruntung anak sulungnya yang sedang berada di rumah berhasil menyelamatkan diri. Menurut korban, rumah itu sudah retak saat ada gempa bumi dan sekarang benar-benar ambruk,” ujarnya, menjelaskan.

Kemudian, lanjut dia, untuk kejadian ketiga ambruknya rumah milik Oyoh (75), warga Dusun Cukang Uncal RT/RW 02/06 Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya. “Kronologis kejadiannya, rumah lapuk karena termakan usia kemudian diterpa hujan angin semalaman, sehingga menyebabkan rumah ambruk,” kata dia, menjelaskan.

Ade mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan cuaca seperti ini. Karena bencana bisa datang setiap saat, maka dari itu harus selalu meningkatkan kewaspadaannya. Apalagi berbagai bencana bisa terjadi di wilayah Ciamis, mulai dari banjir, tanah longsor dan angin kencang. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: