Mau Jadi Wali Kota Tasik? Begini Kata Zulhas..

Mau Jadi Wali Kota Tasik? Begini Kata Zulhas..

radartasik.com, TASIK — Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) memproyeksikan kadernya di Kota Tasikmalaya jangan malas-malasan. Supaya target menduduki kursi eksekutif harus bisa dicapai di Pilkada serentak 2024.


Hal itu diungkapkan Zulhas ketika bertemu para kadernya di Rumah Makan Rindu Madinah Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya Selasa (14/9/2021). Dia memberikan beberapa arahan agar PAN bisa merebut kursi orang nomor satu dan mendominasi utusan wakil rakyat.

Saat ini, DPD PAN Kota Tasikmalaya sendiri sudah menargetkan jabatan eksekutif di Pilkada mendatang. Dan sedikitnya meraih 7 kursi legislatif pada Pileg selanjutnya. Mereka ingin mengulang kembali masa kejayaan PAN di era H Syarif Hidayat, yang sukses menjadi Wali Kota Tasikmalaya periode 2007-2012.

Pada kesempatan itu, Zulhas mengatakan untuk jadi wali kota tidak cukup dengan yel-yel dan berharap saja. Perlu ada pengorbanan yang dilakukan dengan cara kerja politik.

Untuk itu, dia memproyeksikan agar para kader rajin melakukan safari ke masyarakat. Supaya hubungan dengan masyarakat bisa lebih erat dan mengakar serta membuka peluang keberhasilan di Pilkada. “Minimal satu hari itu 20 titik (berkunjung ke masyarakat, Red),” ungkapnya kepada Radar, kemarin.

Hal itu juga, kata Zulhas, berlaku bagi kader yang berkeinginan maju di Pileg. Kader PAN harus bisa mengenal masyarakat dengan melakukan silaturahmi yang intensif. “Bagaimana mau berhasil kalau lurah atau kepala desa dan DKM saja tidak tahu,” ujarnya.

Hal itu, sambung Zulhas, bisa dilakukan secara natural. Di antaranya dengan ikut salat berjemaah berkeliling dari masjid ke masjid. Dengan salat saja, sudah ada lima lokasi yang dikunjungi.

Soal modal finansial, Zulhas menyebut uang bukan kunci utama keberhasilan dalam politik. Terpenting adalah kemauan dan semangat untuk bekerja dan membantu masyarakat. “Enggak punya uang enggak apa-apa, yang penting mau kerja dan semangat,” katanya.

Saat ditanya soal kriteria dan syarat kader PAN yang layak untuk maju di Pilkada 2024, Zulhas belum ingin bicara secara detail. Pasalnya, masih terlalu dini untuk membicarakan hal teknis. “Yang pasti harus bisa kerja untuk masyarakat,” katanya.

Menanggapi proyeksi Zulhas, Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya Hendro Nugraha mengatakan apa yang disampaikan sudah mulai dilakukan kader PAN. Seperti halnya menjalin komunikasi dengan masyarakat meskipun belum sampai 20 titik dalam sehari. “Kita sudah mulai, ke depannya akan dimaksimalkan lagi,” terangnya.

Saat ini, PAN Kota Tasikmalaya pun sedang mengokohkan fondasi partai sampai ke tingkat RT. Termasuk mempersiapkan saksi untuk pemilu yang ditargetkan rampung akhir tahun 2021. “Agar semua TPS terpenuhi sekitar 2.200-an saksi lah,” terangnya.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh kader PAN dari DPW Jabar dan juga DPD Kabupaten Tasikmalaya. Zulhas juga menerangkan soal alasan PAN bergabung dengan koalisi pemerintah, yakni ingin menjembatani hubungan baik pemerintah dengan oposisi. (rga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: