Mantap, Warga Pataruman Bantu Terciptanya Pusat Kota Tertib & Bersih

Mantap, Warga Pataruman Bantu Terciptanya Pusat Kota Tertib & Bersih

radartasik.com, TAWANG — Di tengah upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya dan warga melakukan penataan di Jalan Cihideung, warga di sekitaran HZ Mustofa berinisiatif melakukan hal serupa. Berupaya mewujudkan pusat perekonomian tersebut sebagai wajah kota yang menjadi etalase kondisi penataan dan ketertiban di daerah.


Seperti yang dilakukan Warga RW 11 Pataruman Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang. Mereka bekerja bakti membersihkan lingkungan warga dan pertokoan di kawasan tersebut. Selain mendorong terciptanya pusat kota yang tertib dan bersih, kegiatan itu juga menguatkan solidaritas serta silaturahmi 3 RT di RW 11.

“Di kala pemerintah dan warga di Cihideung sudah kompak menata wilayahnya, kita sebagai sesama warga di pusat kota juga turut melakukan hal serupa,” ujar Ketua RW 11 Pataruman Teten Raiwan kepada Radar, Minggu (12/9/2021).

Pihaknya juga sekaligus mengingatkan dan menyadarkan masyarakat, turut menjaga kebersihan lingkungan. Kembali membiasakan diri bersih-bersih area rumah masing-masing agar warga nyaman dan terhindar dari penyakit yang bersumber dari tercemarnya lingkungan.

”Kita juga sambil edukasi protokol kesehatan, serta pencegahan penyakit-penyakit dari genangan air dan timbulan sampah,” harapnya.

Ia mengakui belakangan ini kita kerap dengar keluhan warga ada beberapa genangan air di lingkungan Pataruman. Kemudian adanya keluhan pengguna jalan sering simpan sampah di pinggir jalan bahkan di jalur-jalur gang.

“Maka kami berinisiatif kerja bakti dan bebersih, memberikan edukasi dan merangsang warga kembali peduli lingkungan sekitarnya, meski sudah ada petugas yang memunguti sampah tapi kita jangan semena-mena buang atau simpan sampah,” ungkap Teten.

Lurah Empangsari Endang Sunardi mendorong agar kegiatan semacam itu bisa dilakukan secara kontinyu. Kawasan Pataruman yang berada di pusat kota, idealnya terlihat tertib dan bersih.

“Supaya baik pengunjung pusat kota baik warga dalam mau pun luar daerah bisa nyaman beraktivitas serta tercermin Kota Tasikmalaya yang tertib dan bersih terlihat dari pusat kotanya,” kata dia. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: