Winston Swenjaya Ikon Baru Basket Bali

Winston Swenjaya Ikon Baru Basket Bali

Radartasik.com, JAKARTA — Aloysius Winston Swenjaya mulai bersinar enam tahun lalu. Ia pernah terpilih sebagai DBL All-Star dua musim berturut-turut (2015 dan 2016). Bahkan di tahun 2016, pemuda ini terpilih sebagai MVP DBL Camp.

Beberapa rekannya lebih dulu bergabung dengan tim profesional. Henky Lakay bersama Satya Wacana, Leonarfo Effendy bersama Louvre. Dan, Ikram Fadhil yang diambil CLS Knights. Sementara Winston baru muncul di Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2021 bersama Bali United Basketball Club.

Alumni SMAK Santo Yoseph Denpasar tersebut membuat pemain putra asal Bali kembali diminati. Sebab, sepeninggal era Ponsianus Nyoman Indrawan (yang pernah memutuskan pensiun), pemain-pemain Bali seakan tenggelam di liga. Hanya Handri Satrya Santosa yang masih terlihat di IBL dalam tiga tahun terakhir.

Kembali lagi ke sorotan untuk penampilan di musim pertamanya. Meski disebut-sebut pemain potensial dari Bali, ternyata Head Coach Alexandar Stevanoski sangat bijaksana. Bukannya tidak mau memainkan Winston, tapi dia tahu kalau Winston belum punya pengalaman di liga profesional.

Sang pelatih menilai mental Winston masih perlu diasah lagi. Karenanya, Winston hanya diturunkan selama rata-rata 14,1 menit per gim. Kontribusinya jadi tidak begitu besar yakni 1,3 PPG, 1,9 RPG, dan 1,8 APG. 

Kalau dicermati lebih dalam dari catatan statistik, Winston masih perlu mengembangkan diri. Karena field goals percentage pemain setinggi 175 cm itu sangat rendah, hanya di kisaran 16,6%. Sangat jauh dari apa yang dia pernah perlihatkan di level sekolah menengah. Mungkin itu juga berkaitan dengan tugasnya, yang bukan sebagai opsi serangan Bali United. Tapi, seandainya bisa ditingkatkan, maka Winston bisa jadi pilihan pertama di tim Bali.

Kembali soal mengasah kemampuan, Winston punya waktu dan cara yang lebih baik pada tahun ini. Karena, dia akan membela tim Provinsi Bali pada PON XX/2020 Papua yang akan diselenggarakan akhir bulan ini. Di ajang tersebut, Winston bisa menunjukkan kemampuannya. (ibl/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: