Kasus Covid-19 di Kota Banjar Terus Berkurang

Kasus Covid-19 di Kota Banjar Terus Berkurang

radartasik.com, BANJAR — Juru Bicara Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kota Banjar Agus Nugraha menyebut kasus harian Covid-19 terus menurun. Kondisi baik ini, kata dia, atas kerja keras dan kerjasama semua pihak, baik dalam menerapkan protokol kesehatan maupun mendukung program vaksinasi.


“Alhamdulillah jumlahnya terus mengalami penurunan, dalam sepekan terakhir saja jumlah penambahannya tidak sampai 10 orang setiap hari. Mudah-mudahan ini akhir dari pandemi Covid-19,” kata Agus, Minggu (5/9/2021).

Ia mengatakan sejak Senin (30/8/2021), penambahan sebanyak empat orang. Kemudian sehari selanjutnya lima orang. Hingga Minggu (5/9/2021) jumlahnya tidak melebihi dari angka 10 orang per hari.

“Ada penambahan kasus hari ini (kemarin, Red) sebanyak tiga orang yang statusnya suspek dan kontak erat. Jumlahnya terus mengalami penyusutan secara signifikan,” kata Agus.

Tren penurunan juga diklaim atas keberhasilan program pemerintah daerah dalam menangani pasien positif dan isolasi di rumah. Mereka (isoman) kemudian dipindahkan ke tempat isolasi terpusat dan Rumah Sakit Asih Husada.

“Karena penambahan kasus positif itu salah satu pemicunya karena yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah kadang tidak disiplin, berkeliaran dan akhirnya menularkan virus ke orang lain. Dan kasus pun bertambah banyak,” katanya.

Namun setelah dilakukan isolasi terpusat, jumlah penambahan kasus bisa ditekan. Selain itu, jelas Agus, program vaksinasi yang masif menjadi titik tolak kasus Covid-19 mengalami penurunan yang signifikan.

“Sebab vaksin menjadi ikhtiar kita dalam menjaga tubuh dari paparan virus Covid-19. Meskipun vaksin bukan cara agar tubuh kebal dari virus Covid-19, namun jika telah mendapatkan vaksin, risiko buruk akibat Covid-19 bisa diminimalisir,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: