Bahas Umrah Lagi, Menag Terbang ke Arab Saudi

Bahas Umrah Lagi, Menag Terbang ke Arab Saudi

Radartasik.com, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan segera berangkat ke Arab Saudi untuk membahas pelaksanaan ibadah umrah bagi jamaah asal Indonesia. Termasuk, dia akan meminta penjelasan soal vaksin booster yang menjadi salah satu syarat.

”Untuk memperjelas, kami dalam waktu yang paling memungkinkan akan segera ke Arab Saudi untuk memperjelas hal ini (pelaksanaan ibadah umrah),” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (30/08/2021).

Dia menjelaskan, Pemerintah Arab Saudi telah mencabut penangguhan (suspend) penerbangan langsung untuk sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tapi hanya berlaku bagi warga negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki izin tinggal di Arab Saudi dan telah divaksin lengkap sesuai vaksin yang diakui otoritas kementerian kesehatan setempat.

Diketahui bahwa vaksin yang diakui Pemerintah Arab Saudi yaitu AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Johnson & Johnson. Untuk itu, pihaknya masih menunggu kepastian bagi calon jamaah umrah asal Indonesia.

”Pemerintah Indonesia belum menerima pemberitahuan secara resmi dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah umrah 1443 Hijriah,” ungkapnya.

Dia mengatakan Pemerintah Arab Saudi mengakui vaksin Sinovac banyak digunakan di Indonesia. Namun, jika ingin melaksanakan ibadah umrah mesti mendapat satu dosis tambahan (booster) dari empat vaksin yang diakui di sana.

Karenanya, Kemenag perlu terbang ke Arab Saudi untuk memastikan dan memperjelas mengenai syarat pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19. ”Mudah-mudahan ada kabar setelah dari sana (Arab Saudi),” katanya. (gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: