Harga Cabai Rawit di Pasar Banjar Turun Drastis

Harga Cabai Rawit di Pasar Banjar Turun Drastis

radartasik.com, BANJAR - Harga cabai rawit di Pasar Banjar "terjun bebas". Kini per Kg Rp15.000, padahal sebelumnya berkisar Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per Kg. 

"Iya sekarang harga cabai rawit turun drastis, Rp15 ribu per Kg," kata salah seorang pedagang Pasar Banjar, Tata kepada wartawan, Senin (30/08/21). 

Diakuinya, harga cabai rawit mengalami penurunan sejak awal bulan ini dan turun secara bertahap. 

Padahal pernah harga paling tinggi tembus mencapai Rp120 ribu per Kg. 

Dirinya tidak mengetahui pasti kenapa harga cabai rawit turun drastis. Namun, ada beberapa jenis bahan kebutuhan pokok yang justru naik, yakni harga tomat sebesar Rp18 ribu per kilogramnya. 

"Mungkin faktor cuaca, karena cabai rawit ini dari luar daerah. Yang saat ini kondisi cuaca sedang tidak bersahabat," jelasnya.

Lanjut dia, kondisi ini tidak tahu akan sampai kapan terjadi, karena dikhawatirkan harga cabai akan terus menurun sampai harga tak wajar. 

Terpisah, Sekdis KUKMP Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti menambahkan harga cabai rawit mengalami penurunan, cabai rawit hijau Rp13.000 dan merah Rp16.000 per kilogramnya. 

"Untuk harga tomat justru harganya lebih tinggi dari harga cabai rawit. Selisih Rp3.000 sampai Rp6.000 per kilogramnya," ujarnya. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: