Pelantikan Yusuf Jadi Wali Kota Tasik Definitif Tak Jelas, Ini Kata Dewan..

Pelantikan Yusuf Jadi Wali Kota Tasik Definitif Tak Jelas, Ini Kata Dewan..

radartasik.com, BUNGURSARI — Belum pastinya jadwal pelantikan H Muhammad Yusuf sebagai Wali Kota Tasikmalaya definitif, membuat DPRD tidak tenang. Setelah sejumlah unsur pimpinan dan ketua komisi I terjun langsung melakukan penetrasi dalam memuluskan tahapan pendefinitifan, anggota dewan lain pun antusias melakukan hal serupa.


Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya Anang Sapaat mengatakan, berdasarkan komunikasi dengan pimpinan DPRD pihaknya akan turut serta melakukan dorongan politis ke pusat mau pun provinsi. Apabila, di minggu terakhir bulan Agustus daerah tak kunjung dapat kejelasan waktu pelantikan.

“Kami yang di komisi I mendapat tanggungjawab langsung mengawal proses pendefinitifan ini. Pimpinan menginstruksikan kita untuk turun langsung, kalau seminggu ini belum tuntas juga penerbitan Surat Keputusan (SK) pengangkatan wali kota,” papar Anang kepada Radar, Selasa (24/8/2021).

Menurut dia, komisi I merupakan mitra kerja Pemkot di urusan pemerintahan. Pihaknya menyaksikan betul kendala-kendala yang terjadi ketika suatu daerah tak memiliki kepala daerah definitif.

“Informasi yang kita terima, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan hari ini kembali ditugaskan Plt Wali Kota mengecek sejauhmana perkembangan acc atas usulan DPRD pada paripurna lalu yang mengusulkan pengangkatan H Yusuf menjadi wali kota,” katanya.

“Informasi terakhir yang disampaikan Kabag (Pemerintahan) itu, Pak Menteri kemarin sedang berduka karena ibunya meninggal dunia. SK Pak Yusuf menjadi wali kota, terkendala hal itu untuk ditandatangani,” sambung Anang.

Politisi Demokrat ini memahami sejumlah pembatasan, tahapan, kendala yang terjadi dalam menempuh mekanisme pengusulan wali kota definitif merupakan hal wajar di kondisi saat ini. Namun, pihaknya tidak ingin kondisi daerah dijabat pelaksana tugas berlarut-larut dan mengakibatkan berbagai urusan pemerintahan terkendala.

“Maka dari itu kalau prosedur normatif yang ditempuh eksekutif seperti jalan di tempat, kita turun langsung, harapan kami ya akhir bulan ini beres,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tasikmalaya Maman R Setiadi mengatakan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan H Muhammad Yusuf sebagai wali kota sudah ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pihaknya sudah menerima berkas tersebut dan tinggal mengawal proses penjadwalan pelantikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ini kami juga langsung ke pemprov, untuk menemui Kepala Bagian Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Barat, sekaligus konsultasi untuk menentukan acara dan jadwal pelantikan,” katanya menjelaskan.

Tuntasnya urusan pendefinitifan Yusuf di pusat, lanjut dia, tinggal menunggu kepastian penjadwalan seremoni pelantikan oleh gubernur. Ia berharap pekan ini segera mendapat kepastian akan hari H kegiatan itu. “Semoga minggu-minggu sekarang, kami memohon dukungan doa agar prosesnya lancar,” ucap Maman. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: