Saat PPKM Darurat, Belasan Tenaga Kerja dari BKL Terserap Dunia Usaha

Saat PPKM Darurat, Belasan Tenaga Kerja dari BKL Terserap Dunia Usaha

radartasik.com BANJAR - Imbas penerapan PPKM saat ini semua lini terdampak, tak terkecuali pelatihan keterampilan warga di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kota Banjar.

Kepala UPTD BLK Disnaker Kota Banjar Doni Ismaya SIP mengatakan, sejak diberlakukan PPKM Darurat hingga kini pelatihan keterampilan di BLK tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

"Ya kita terkendala PPKM, sehingga sampai sekarang di BLK belum ada aktivitas pelatihan keterampilan," kata dia kepada radartasik.com, Senin (23/08/21).

Dia menjelaskan, sebelum diberlakukan PPKM, tepatnya di bulan Februari dan Maret dilakukan pelatihan menjahit dan tata kecantikan yang diikuti masing-masing kejuruan sebanyak 16 orang. 

Selain itu pelatihan keterampilan pembuatan kue dan roti, sejak bulan April kemarin sebanyak ada 16 orang. Tahun ini baru 3 kejuruan yang aktif dilaksanakan. 

"Dari 16 orang yang ikuti pelatihan menjahit, 11 diantaranya sudah terserap kerja di perusahaan garmen Tasik. Sedangkan 5 orang lainnya menolak dengan alasan jauh," jelasnya. 

Sedangkan warga yang ikut pelatihan keterampilan kejuruan tata kecantikan dan pembuatan kue dan roti. Mereka dari pelaku usaha, yang terdampak pandemi Covid-19. 

Lanjut dia, rencananya bulan September nanti akan dilaksanakan pelatihan khusus kejuruan perkayuan. Dan tahun depan ada penambahan kejuruan yakni TIK.

"Karena melihat peluangnya sangat menjanjikan saat ini, makanya tahun depan baru dibuka pelatihan keterampilannya," ujarnya. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: