Taliban Eksekusi Mati Kepala Polisi

Taliban Eksekusi Mati Kepala Polisi

Radartasik.com, JAKARTA — Seorang kepala polisi Haji Mullah Achakzai dilaporkan dieksekusi mati oleh Taliban. Ketika ditangkap, Achakzai dipekerjakan sebagai kepala polisi Provinsi Badghis dekat kota Herat.

Achakzai diburu oleh Taliban karena ia bersama tentara Afganistan melawan untuk membela pemerintah yang didukung Amerika Serikat (AS).

Video eksekusi tersebut di-posting ke Twitter oleh seorang teman Achakzai pada hari Kamis lalu. Video menunjukkan kepala polisi itu berlutut di pasir dengan mata ditutup dan tangannya diikat di depannya.

Dia dikelilingi milisi Taliban yang kemudian menembaknya beberapa kali dan meninggalkan tubuhnya yang tergeletak di pasir.

Video itu dibagikan melalui jaringan yang terkait Taliban dan diperoleh oleh Penasihat Keamanan Afganistan Nasser Waziri.

”Dia dikepung oleh Taliban dan tidak punya pilihan selain menyerah tadi malam,” kata Waziri kepada Newsweek, Sabtu (21/08/2021). ”Taliban menargetkan Achakzai karena dia adalah pejabat tinggi intelijen,” lanjutnya.

Waziri yang juga bekerja untuk pemerintah Afganistan sebelum digulingkan oleh Taliban pada hari Minggu, mengatakan ia telah mengkhawatirkan nyawanya.

Taliban dilaporkan telah memperoleh akses ke sistem komputer pemerintah dan mulai mencari warga Afghanistan yang membantu pasukan sekutu atau pun pemerintah sipil. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: