Pemkot Banjar Gelar Diklat Kepsek

Pemkot Banjar Gelar Diklat Kepsek

radartasik.com, BANJAR - Kekosongan jabatan kepala sekolah dasar definitif di Kota Banjar akan segera teratasi. Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan segera menyelenggarakan diklat calon kepala sekolah pada 24 Agustus 2021 mendatang.


Kepala Seksi dan Kompetensi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar H Dudu Nurzaman SPd MPd mengatakan, diklat akan digelar secara daring mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2021, insya alloh akan dibuka resmi oleh Wali Kota Banjar secara virtual meeting,” kata Dudu Nurzaman, Selasa (17/8/2021).

Ia menjelaskan, diklat akan diikuti oleh 37 orang calon kepala sekolah SD dan SMP secara daring mulai 16 Agustus 2021, dengan materi Pengenalan Learning Managements System (LMS).

Kemudian pada 18 sampai 23 Agustus 2021 On Tthe Job Training (OJT) 1 dengan aktivitas peserta berupa pendalaman materi tentang kepemimpinan pembelajaran, supervisi, manajerial dan kewirausahaan. Kedua identifikasi masalah pembelajaran. Ketiga perumusan ide gagasan inovasi. Kemudian materi keempat melakukan analisis kebutuhan pengembangan keprofesian.

“Tanggal 24 sampai 30 Agustus 2021 In Service Training (IST) 1 dengan aktivitas peserta yakni yang pertama pembentukan karakA­ter A­kepemimpinA­an pembelajaran. Kedua manajemen sekolaj. Ketiga supervisi guru dan tendik, Keempat pengembangan kewirausahaan,” katanya.

Ia mengatakan pada Oktober 2021 proses diklat yang menjadi syarat ketiga valon kepala sekolah menjadi kepala sekolah akan selesai. “Insya alloh setelah mendapatkan sertifikat kepala sekolah akan diusulkan untuk dilantik menjadi kepala sekolah dan dapat memenuhi kebutuhan kekurangan kepala sekolah,” katanya.

Ia mengatakan hasil proses ini diharapkan mewujudkan SDM kepala sekolah yang berkualitas dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. “Semoga hasilnya nanti mampu mewujudkan kepala sekolah sebagai manajer satuan pendidikan yang kreatif, inovatif, dan visioner serta sebagai pemimpin pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran dunia pendidikan di Kota Banjar,” katanya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: