Kado Istimewa Hari Kemerdekaan, Alhamdulillah Kasus Covid di Kota Tasik Turun Drastis

Kado Istimewa Hari Kemerdekaan, Alhamdulillah Kasus Covid di Kota Tasik Turun Drastis

radartasik.com KOTA TASIK - Peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Tasikmalaya, Selasa (17/08/21), mendapat kado istimewa walaupun pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Kado istimewa itu adalah jumlah kasus aktif yang akhir bulan lalu sempat mencapai seribuan pasien, hari ini menurun di bawah 500 pasien.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya, Uus Supangat kepada radartasik.com usai menghadiri penyerahan remisi kepada ratusan penghuni Lapas Tasik.

"Sampai hari ini untuk di hari Kemerdekaan Alhamdulillah kasus Covid mengalami penurunan yang sangat tajam dan signifikan," ujarnya.

"Kalau kemarin kita selalu 1.000 lebih kasus aktif positif Covid, Alhamdulillah data terakhir yang saya terima sore ini 487 kasus," sambungnya.

Kemudian, tambah Uus, angka Bed Occupanty Ratio (BOR) atau penggunaan kamar isolasi Covid di Rumah Sakit seperti di RSUD dr Soekardjo menurun. 

"Pasien positif yang dirawat di isolasi RSUD juga menurun kini di angka 25 persen. Ini menjadi harapan di momen 17 Agustus ini kita bisa di bawah 500 kasus dan itu Alhamdulillah terwujud," tambahnya.

Sedangkan untuk angka kematian pasien positif Covid, terang dia, hari ini pun mengalami penurunan dan 0 kematian di Hari Kemerdekaan walaupun secara akumulasi masih tinggi di angka 3,7 persen.

"Kalau soal angka kematian menurut pemerintah pusat tak akan dipublish karena menjaga psikologis masyarakat, kita mengikuti kebijakan tersebut," terangnya.

Jelas Uus, walaupun tak dipublish tapi angka kematian atau fatality rate ini menjadi bagian yang sangat penting di dalam pengendalian Covid secara internal. "Tentu di kita (Kota Tasik) harus tetap dicatat," jelasnya. 

(rezza rizaldi/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: