11 Pelaku Pungli di Pasar Induk Ditangkap

11 Pelaku Pungli di Pasar Induk Ditangkap

Radartasik.com, BANDUNG — Para pelaku pungli di Pasar Induk Caringin, Kota Bandung akhirnya berhasil ditangkap. Sedikitnya ada 11 orang yang diamankan oleh pihak kepolisian para pelaku tengah diperiksa penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung., termasuk petugas security.

“Laporan masyarakat terkait pungli di Pasar Induk Caringin sudah ditindaklanjuti. Para pelaku dan oknum aparat sudah diamankan di kepolisian setempat. Haturnuhun,” tulis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di akun Instagram miliknya.

Sambil berseloroh Gubernur Jabar menuliskan bahwa ada salah satu pelaku yang namanya mirip nama depannya yaitu Ridwan. “Slide terakhir nomor 8 itu bukan saya,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku geram dengan adanya aksi pungli di Pasar Induk Caringin. Dia pun meminta kepada aparat kepolisian untuk menindak tegas oknum yang melakukan pungutan pungli di Pasar Caringin.

''Oknum ini harus mendapat ganjaran dari aksinya yang bisa merugikan masyarakat,''ujar Oded kepada wartawan, Senin (16/08/2021).

Mang Oded — sapaan akrab Wali Kota Bandung menuturkan, Pasar Caringin sebenarnya bukan berada di bawah ranah Pemkot Bandung.

Akan tetapi, karena pasar ini berada di wilayah Bandung maka apapun yang terjadi termasuk pungli harus ditiadakan. Apalagi masalah ini sudah mencuat ke ranah publik. ''Jadi harus diselesaikan secara perundang-undangan,” cetus Oded.

Mang Oded meminta aparat penegak hukum bisa melakukan proses penyelidikan dengan cepat. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang di Pasar Caringan dan pasar lainnya yang ada di Kota Bandung.

“Saya berharap walau Caringin swasta. Saya ingin untuk pasar milik pemkot 37 pasar, Pak Dirut (PD Pasar) dan jajaran harus mengambil pelajaran,” ujar Oded.

Sebelumnya, pengakuan sopir kontainer kena pungli hampir Rp 1 juta di Pasar Induk Caringin, Bandung, viral di media sosial. Dia mengaku, diminai sejumlah uang yang tidak masuk akal.

Disebutkan, lokasi kejadian adalah Pasar Induk Caringin, Kota Bandung. “Saya sopir kontener yang suka membawa muatan bawang ke Pasar Induk Caringin. Sebenernya saya males untuk memposting masalah ini, tapi saya sudah jera sama kelakuan oknum yang tidak bertanggung jawab seperti ini,” tulis pengakuan sopir tersebut.


Dijelaskan, kejadiannya saat dirinya mengemudi masuk ke Pasar Induk Caringin. Di pintu masuk pertama dirinya diminta uang parkir sebesar Rp 415.000.

Kemudian pintu masuk ke 2 diminta uang lagi sebesar Rp 270.000. “Pas saya bongkar tiba-tiba ada oknum berseragam polisi datang menghampiri saya dan meminta uang Rp100.000. Bilangnya untuk uang chas atau apa lah saya tidak tau,” tuturnya.

Disampaikan dia, seharusnya polisi mengayomi masyarakat. Bukan seperti jagoan pasar yang mengetok mobil lantas minta uang.

“Nah, pas sudah kelar bongkar dan saya hendak keluar, saya dihampiri sama security pasar, dia minta uang lagi Rp. 50.000,” tuturnya.

“Ya Allah, ada apa ini sebenarnya kok banyak sekali pungli?” imbuh dia. (bbs/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: