Fasum di Kota Banjar Belum Ramah Penyandang Disabilitas

Fasum di Kota Banjar Belum Ramah Penyandang Disabilitas

radartasik.com, BANJAR - Fasilitas Umum (Fasum) di Kota Banjar belum sepenuhnya ramah bagi penyandang disabilitas. 

Khususnya bagi pengguna kursi roda, seperti di alun-alun Kota Banjar belum terdapatnya Ramp.

Ramp adalah jalur yang memiliki bidang dengan kemiringan dan lebar tertentu, untuk memudahkan akses antara lantai bagi penyandang disabilitas, pengguna kursi roda. 

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Banjar Iwan Sanusi mengatakan, fasilitas publik seperti alun-alun belum terdapat Ramp, yang ramah bagi difable. 

"Saat kita mau ikut vaksinasi di alun-alun, ada pengguna kursi roda kesulitan. Sehingga terpaksa diangkat (digotong), karena belum ada Ramp," kata dia kepada radartasik.com, Sabtu (14/08/21). 

Padahal, terang dia, alun-alun merupakan icon Kota Banjar dan hampir setiap kegiatan atau aktivitas masyarakat dilaksanakan di alun-alun. 

Jangan hanya menyediakan fasilitas bagi masyarakat pada umumnya. Tapi juga harus diperhatikan fasilitas penunjang bagi penyandang disabilitas, karena memiliki hak yang sama.

"Di alun-alun Kota Banjar saja belum ada, bagaimana di fasilitas publik yang lainnya," jelasnya. 

Kata dia, di momentum hari kemerdekaan saat ini, penyandang disabilitas belum merdeka. 

Lantaran fasilitas publik yang ramah bagi penyandang disabilitas tersedia sepenuhnya. 

Akses untuk penyandang disabilitas lainnya sudah tersedia. Seperti jalur khusus bagi tunanetra, di atas trotorar namun itu belum semua tersedia. (anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: