Buat yang Mau ke Kota Cirebon Ingat Yah, Mulai Senin Diberlakukan Ganjil Genap

Buat yang Mau ke Kota Cirebon Ingat Yah, Mulai Senin Diberlakukan Ganjil Genap

Radartasik.com, CIREBON —  Penerapan aturan ganjil genap (gage) bagi pengguna kendaraan roda empat dan dua di Kota Cirebon agaknya telah benar-benar siap dijalankan. Misalnya saja hari ini (Kamis, 12/08/2021) telah dilakukan gladi bersih dan apel siaga untuk persiapan penerapan gage yang akan  muali dilaksanakan pada Senin, 16 Agustus 2021.

“Saya kapolres Cirebon Kota bersama segenap unsur Forkopimda, mohon disampaikan kepada masyarakat di Ciayumajakuning dan sekitarnya. Bahwa mulai hari Senin ganjil genap sudah diterapkan,” ujar Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan usai memimpin apel gabungan, Kamis (12/08/2021).

Namun sebelum penerapan gage secara resmi pada hari Senin nanti, ungkap kapolres, mulai Jumat (13/08/2021) pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dan juga Sabtu (14/08/2021) diberlakukan uji coba penerapan gage.

“Minggu coolling down. Insya Allah Senin ganjil genap berlaku di kota ini,” kata kapolres.

Dalam penerapan gage nanti,  ada 8 titik jalan yang ada di Kota Cirebon yang diberlakukan aturan gage tersebut, yakni: Jl Pasuketan, Jl Pekiringan, Jl Karanggetas, Jl Kartini, Jl Siliwangi, Jl Cipto Mangunkusumo, Jl Pemuda dan Jl Tuparev.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Andi Armawan menambahkan, pihaknya akan menurunkan beberapa petugas untuk mengecek kepadatan lalu lintas sebelum dan sesudah penertapan gage.

“Diharapkan dengan adanya penerapan ganjil genap ini ada penurunan mobilitas di bawah 50 persen,” katanya.

Dalam teknis pelaksanaannya nantinya, di setiap pos dari dishub ada 2 petugas dan 1 orang tim checker yang bertugas. Mereka akan dibantu unsur TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD. “Tim Checker akan mengambil sampel. Apakah memenuhi tidak angka 50 persen,” ucapnya.

Ketika ditanya tentang kendaraan yang tidak sesuai aturan gage, Andi menegaskan kendaraan tersebut akan putar balik. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: