Dahlan Iskan Mengaku Gemetar Anak Penyumbang Rp2 Triliun Ternyata Punya Utang Rp3 Miliar

Dahlan Iskan Mengaku Gemetar Anak Penyumbang  Rp2 Triliun Ternyata Punya Utang Rp3 Miliar

Radartasik.com, JAKARTA — Sumbangan dari keluarga almarhum Akidi Tio Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan yang diserahkan secara simbolis oleh anaknya kepada Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri, Selasa (27/07/2021) lalu mendapat perhatian khusus dari mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Bahkan Dahlan Iskan secara khusus pula membuat tulisan berseri terkait alasan pemberian sumbangan oleh sosok pengusaha yang dikenal rendah hati tersebut. Apalagi belakangan mantan Dirtut PLN itu mendapat informasi yang menyebut anak Akidi Tio, Heryanti memiliki utang Rp3 miliar.


Informasi itu menyebar sesaat setelah Heryanti menyerahkan sumbangan kepada Kapolda Sumsel. Lantas Dahlan Iskan pun mencari tahu apakah benar Heryanti memiliki utang sebesar itu. Ia mencoba menghubungi beberapa orang yang dekat dengan Heryanti.


Mantan bos Jawa Pos ini akhirnya bisa menghubungi orang yang meminjamkan uang kepada Heryanti sebesar Rp3 miliar. Sayang Dahlan tak mengungkap identitas orang tersebut. Dia hanya menyebutnya 'Si Cantik'. Dia orang terkenal dan sangat dekat dengan Heryanti.


Si Cantik itu adalah orang Padang yang lahir di Sumatera Selatan (Sumsel). Ia berdarah Langkat.


“Sehari sebelum bertemu Si Cantik, saya diliputi penuh keraguan: jangan-jangan sumbangan Rp 2 triliun itu pepesan kosong. Betapa terbantingnya Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri. Betapa terpukulnya masyarakat Tionghoa se-Indonesia,” kata Dahlan dalam tulisannya berjudul 'Perjuangan 2 T', dikutip pojoksatu.id dari disway.id, Sabtu (31/07/2021).


“Apalagi, dua hari lalu, saya mendapat info sinis ini: jangankan uang Rp 2 triliun, bayar utang Rp 3 miliar pun tidak bisa. Sudah bertahun-tahun,” tambahnya.


Setiap ditagih, selalu dijawab sebentar lagi, tidak lama lagi, bulan depan, minggu depan, dan sebangsa itu. Dahlan Iskan sampai gemetaran saat mengetahui bahwa Heryanti memiliki utang Rp3 miliar.


“Tangan saya pun gemetar ketika mendapat kepastian bahwa Heryanti memang punya utang itu. Yang belum terbayar itu. Bukan hoax,” katanya.


Dahlan Iskan berusaha menghubungi Heryanti, tapi tidak berhasil. Akhirnya Dahlan bisa menghubungi orang yang meminjamkan uang kepada Heryanti.


“Si Cantik ternyata sangat kasihan pada Heryanti. Dua hari terakhir media mulai meragukan kebenaran sumbangannyi itu,” jelas Dahlan.


Pengakuan Si Cantik

Si Cantik membenarkan bahwa dia pernah meminjamkan uang kepada Heryanti.


“Si Cantik pernah memberi pinjaman Rp3 miliar kepada Heryanti. Tapi tidak benar dia sampai stres akibat pinjaman yang tidak kunjung dikembalikan itu,” imbuhnya.


Si Cantik juga membantah informasi yang menyebut suaminya meninggal gara-gara memikirkan uangnya yang dipinjam Heryanti.


Suami Si Cantik adalah orang terhormat di Palembang. Ia meninggal akhir tahun lalu karena sakit jantung. Bukan karena stres memikirkan uang tersebut.


“Boleh dikata, ketika Sang Suami memberikan pinjaman tersebut, hatinya gembira. Juga dengan perasaan pasti akan dibayar,” beber Dahlan.


Bahkan Si Cantik tetap memuji Heryanti. Ia mengaku memiliki hubungan yang sangat dekat dengan putri bungsu Akidi Tio itu.


“Heryanti itu orangnya sangat baik. Kami tidak merasa dia itu Tionghoa. Dia juga tidak merasa kami ini pribumi. Hubungan kami tidak tersekat soal ras. Heryanti itu sudah seperti pribumi,” kata Dahlan, menirukan ucapan Si Cantik.


Untuk Anda yang penasaran dengan cerita engkapnya. Bisa baca tulisan Dahlan Iskan berjudul 'Perjuangan 2 T' yang dimuat diblog disway.id hari ini, Sabtu, 31 Juli 2021. (one/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: