Stok Obat Terapi Covid-19 Terbatas, Ini Alasannya

Stok Obat Terapi Covid-19 Terbatas, Ini Alasannya

Radartasik.com, JAKARTA — Ketersediaan obat terapi bagi pasien Covid-19 masih terbatas. Karena, kebutuhan tersebut mencapai 30-50 juta dosis per bulan.

Terbatasnya persediaan obat tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (21/07/2021).

”Keterbatasan obat disebabkan tingkat produksi dari Holding BUMN Farmasi masih pada kisaran 22 juta dosis per bulan. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan saat ini di kisaran 30-50 juta dosis per bulan,” kata dia.

Menurut dia, pemerintah melalui PT Bio Farma (Persero) per Agustus 2021 akan menambah stok obat-obatan tersebut dengan meningkatkan produksi.

”Dengan demikian, kebutuhan obat terapi Covid-19 yang mencapai 30-50 juta per bulan diharapkan akan terpenuhi pada Agustus mendatang,” ujarnya.

Luhut juga meminta penyaluran distribusi obat terapi bagi pasien Covid-19 dan bantuan sosial (bansos) harus diimbangi dengan pengawasan ketat.

”Dalam sebulan ini stoknya sedikit terkendala. Bio Farma hanya mampu memproduksi atau memenuhi 22 juta dosis dalam 1 bulan. Tapi mulai bulan depan sudah bisa sampai 30-50 juta satu bulan,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: